Kesehatan

Makanan Penurun Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Anda pastinya sudah sering mendengar kolesterol, tetapi apakah kolesterol memang tidak baik untuk tubuh kita? Secara alami, kolesterol sudah berada di dalam tubuh Anda, tetapi kadarnya bisa berubah kalau Anda tidak memperhatikan asupan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Maka, tak jarang banyak orang yang menderita penyakit akibat tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol tersebut nantinya bisa menyebabkan penyakit pada jantung Anda.

Salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol adalah mengonsumsi makanan yang tepat. Di bawah ini ada beberapa jenis Makanan Penurun Kolestrol Jahat Dalam Tubuh.

1. Kacang-kacangan dan Cokelat

Kacang-kacangan rendah lemak seperti mede, almond, serta kenari dapat melindungi jantung Anda, sebab mereka memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, magnesium, vitamin E, dan phytochemical yang bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat lain yang dapat Anda peroleh ialah pembentukan asam lemak dari usus yang dapat mencegah pembentukan kolesterol jahat. Selain itu, ada kandungan lain seperti flavonoid sebagai antioksidan dalam almond dan cokelat sanggup menumpas kolesterol jahat. Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi almond mentah dan cokelat hitam dengan cita rasa pahit.

2. Bawang Putih

Seperti yang kita ketahui, bawang putih memiliki banyak manfaat. Selain memperkaya cita rasa makanan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat alami berbagai penyakit, bahkan sejak zaman Mesir Kuno. Beberapa di antaranya adalah menekan peningkatan kolesterol, megontrol tekanan darah, mencegah terjadinya pembekuan darah, hingga proteksi terhadap tubuh dari infeksi.

3. Barley dan Flaxseed

Anda mungkin kurang familier dengan dua nama di atas. Barley adalah sejenis gandum khusus yang mengandung serat larut, sedangkan flaxseed adalah biji atau benih bunga flax (Linium Usistatissinum). Keduanya mempunyai manfaat yang sama, yaitu dapat menghambat pembentukan dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Anda dapat menikmatinya dalam campuran oatmmeal atau smoothie.

BACA JUGA:  Herba Goji Berry Membantu Menjaga Kolesterol Tubuh

4. Teh dan Minyak Zaitun

Bukan rahasia lagi jika dua bahan alami ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menjaga kesehatan. Teh memiliki kandungan antioksidan yang bertugas untuk menghambat proses oksidasi yang dapat memicu penumpukan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah. Sedangkan asam lemak tak jenuh serta vitamin E pada minyak zaitun, selain dapat mencegah peningkatan kolesterol jahat, juga sanggup meningkatkan kadar HDL.

5. Oatmeal dan Makanan Kaya Serat

Seperti barley dan flaxseed, oatmeal ternyata mengandung serat larut yang sanggup menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Mengonsumsi oatmeal sebanyak 10 gram saja sudah bisa menyusutkan kadar kolesterol, termasuk kolesterol jahat di dalam aliran darah. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga dapat mengimbanginya dengan olahraga teratur.

Demikian beberapa Makanan Penurun Kolestrol Jahat Dalam Tubuh. Semoga bermanfaat.

Produk Menarik untuk Anda:

Koleshiu, Membantu Menurunkan Kolesterol

Koleshiu, Membantu Menurunkan Kolesterol

Koleshiu adalah obat herbal alami untuk menurunkan kolesterol yang tinggi serta mengurangi resiko penykit jantung. ....
Kapsul Minyak Zaitun, Mengatasi Kolesterol dan Gula Darah

Kapsul Minyak Zaitun, Mengatasi Kolesterol dan Gula Darah

Kapsul minyak zaitun merupakan kapsul herbal dengan komponen utamanya adalah minyak zaitun. Masih menjadi trend ....
Kapsul Jamur Lingzhi, Obat Susah Tidur, Kolesterol, Hepatitis, Gairah seksual, Sel Kanker

Kapsul Jamur Lingzhi, Obat Susah Tidur, Kolesterol, Hepatitis, Gairah seksual, Sel Kanker

Kapsul Jamur Lingzhi adalah kapsul herbal pilihan yang bermanfaat untuk mengobati sussah tidur, menurunkan kolesterol, ....