Kesehatan

Penyebab Kolesterol Jahat Meningkat

kolesterol jahatKolesterol sebenarnya adalah suatu komponen lemak yang terdapat dalam peredaran darah. Kolesterol sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk membentuk dinding sel (membran sel). Disamping itu, kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon serta diperlukan bagi fungsi-fungsi tubuh lainnya. Untuk mencapai kesehatan yang baik, proporsi kedua jenis kolesterol HDL  (High Density Lipoproteins) dan LDL (Low Density Lipoproteins) haruslah seimbang, jika HDL meningkat dibandingkan LDL maka tubuh akan sehat, namun bila kadar kolesterol dalam darah berlebih dapat menimbulkan kondisi yang disebut Hypercholesterolemia yang beresiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Normalnya, kolesterol diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat, atau sekitar 75% dari keseluruhan yang ada di dalam tubuh. Sisanya, sebanyak 25%, berasal dari makanan yang kita konsumsi. Peningkatan kadar kolesterol bisa dialami oleh siapa saja, tidak mengenal usia, ras dan jenis kelamin dan bahkan saat ini ada kecenderungan semakin banyak orang yang menderita kadar kolesterol tinggi dan semakin banyak dialami oleh “kaum muda”.

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal, maka harus dikenali beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya kolesterol “jahat”. Penyebab kolesterol jahat meningkat antara lain:

1. Pola makan

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol “jahat”. Lemak jenis ini banyak ditemukan pada daging jeroan, daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kue-kue, serta berbagai jenis makanan yang digoreng.

2. Berat badan

Tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang bukan hanya membuat Anda repot mencari celana yang pas, tapi juga meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

3. Tingkat aktivitas

Tingkat aktivitas seseorang akan menentukan kadar kolseterol dalam darahnya. Kurangnya melakukan aktivitas harian seperti terlalu banyak menonton tv atau kurang olahraga akan meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan membuat HDL terlalu sedikit.

4. Usia dan jenis kelamin

Masalah kolesterol tinggi lebih banyak dialami oleh seseorang diatas usia 20 tahun. Kadar kolesterol secara alami cenderung meningkat kecuali Anda melakukan sesuatu untuk menghentikan kecenderungan itu.

5. Kesehatan keseluruhan

Meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh dipengaruhi juga oleh kesehatan seseorang. Menderita beberapa jenis penyakit, seperti diabetes atau hipotiroid juga bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Riwayat keluarga

Faktor keturunan ternyata juga ikut berperan dalam terjadinya kelebihan kolesterol jahat hal ini menyebabkan orang-orang tertentu  tetap memiliki kadar kolesterol tinggi meski sudah menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang.

7. Merokok

Banyak kebiasaan buruk yang diakibatkan oleh rokok. Selain merusak paru, kebiasaan merokok juga akan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Terdapat berbagai macam kolesterol dalam darah. Ada yang bersahabat bagi tubuh, tapi tidak sedikit juga yang berbahaya. Kolesterol jahat dalam tubuh antara lain:

a. LDL (Low Density Lipoproteins)

Terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah akan menyebabkan keadaan atheroscherosis yaitu terjadinya deposit atau penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang menyumbat aliran darah dan mengurangi fleksibilitas pembuluh darah, sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

b. Trigliserida

Sebanyak 60% dari total kolesterol merupakan trigleserida. Jadi, mereka yang kadar trigliseridanya tinggi cenderung memiliki kolesterol yang tinggi. Tinginya kadar trigliserida dalamd arah mengindikasikan kegemukan, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, minum alkohol berlebihan, serta tingginya konsumsi karbohidrat.

c. Lp(a)

Tingginya kadar Kolesterol Lp(a), atau juga dikenal sebagai Lipoprotein(a), mempertinggi kecendrungan atheroscherosis dan penyakit jantung koroner.

Tingginya kolesterol merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung dan stroke, terutama jika ditambah kondisi tekanan darah yang tinggi atau diabetes. Maka, jagalah kesehatan diantaranya dengan pola makan seimbang, misalnya mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan serta membatasi makanan berkolesterol tinggi, melakukan aktivitas fisik yang cukup, mempertahankan berat badan normal, dan menghindari rokok. Untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, Anda juga bisa mengkonsumsi teh celup daun kelor,  teh celup kulit manggis, kapsul jamur lingzhi, dan minyak herbal zaitun tazakka.

Sumber gambar: http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/11/07/178825_makanan-mengandung-kolesterol_663_382.jpg