Kesehatan

Awas!! Ini Tempat dan Benda di Rumah yang Menjadi Sarang Kuman

Share Yuk!

Awas!! Ini Tempat dan Benda di Rumah yang Menjadi Sarang Kuman

Terkadang, kita tidak sengaja menjatuhkan makanan seperti kue atau gorengan ke atas lantai. Kendati lantai tersebut tampak bersih, Anda pasti merasa ragu untuk memakannya lagi, bukan? Anda akan berpikir jika bakteri atau kuman yang masih berada di atas lantai sudah mengotori makanan tersebut. Namun, tahukan Anda jika ada tempat-tempat atau benda lain yang ditempati oleh lebih banyak kuman di rumah?

1. Sikat Gigi

Menurut Eileen Abruzzo, seorang direktur untuk pengendalian infeksi dari Long Island College Hospital Brooklyn, New York, sebagian besar jamur maupun bakteri sangat betah tinggal di tempat lembap dan basah. Maka dari itu, sikat gigi yang umumnya masuk ke mulut satu atau dua kali sehari bisa menjadi tempat bersarangnya jamur dan bakteri. Untuk menghindarinya, tempatkan sikat gigi sejauh mungkin dan ganti secara berkala, misalnya tiga bulan sekali.

2. Bak Cuci Piring

Anda pasti tidak akan menyangka bahwa kuman yang bersarang di bak cuci piring lebih banyak daripada kuman di toilet. Abruzzo, yang bekerja juga sebagai konsultan dan dokter di WebMD menyatakan bakteri seperti salmonella dan E. coli berkeliaran di bak cuci piring dan dapat memicu penyakit sewaktu-waktu. Untuk menekan jumlah bakteri tersebut, Anda perlu membersihkan bak cuci piring dengan larutan pemutih minimal satu kali sehari dan pastikan cuci tangan menggunakan pembersih antiseptik.

3. Remote Televisi dan Keyboard Komputer

Faktanya, benda-benda yang sempat mengalami kontak akan berisiko menjadi sarang kuman. Salah duanya adalah remote televisi dankeyboard komputer yang sering sekali bersentuhan dengan jari-jari Anda. Bahkan, bakteri seperti Staph dan E. coli bisa berkembang dikeyboard komputer Anda jika tidak dibersihkan secara rutin. Agar benda tersebut tidak menjadi tempat berkembang biak kuman maupun bakteri, Anda tidak boleh malas membersihkannya. Minimal satu minggu sekali dengan cairan atau sabun pembersih khusus.

BACA JUGA:  Menambah Nafsu Makan Anak dengan Herbal

4. Salt and Pepper Shaker

Umumnya, Anda akan menaruh garam dan merica secara terpisah dalam tempat khusus. Namun, Anda pasti belum tahu bahwa tempat tersebut berpotensi menjadi pemicu penyakit seperti pilek. Setidaknya, hal tersebut yang muncul dari hasil penelitian yang dilakukan Universitas Virginia terhadap tiga puluh orang dewasa di tahun 2008. Ada baiknya Anda mencuci tangan baik sebelum atau sesudah menyentuh benda tersebut.

5. Bak Mandi

Bak mandi atau bathtub yang kerap Anda pakai untuk membersihkan tubuh ternyata berpotensi pula untuk menjadi tempat berkembang biak bakteri seperti staphylococcus. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh pakar mikrobiologi dari Universitas Texas A & M menyatakan jika sebagian besar sampel air dari saluran bahtub telah tercemar bakteri dari feses yang mengandung bakteri maupun jamur.

PRODUK MENARIK UNTUK MENJAGA MAUPUN MENGIBATI KESEHATAN ANDA :

Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Bawang Dayak – Bawang Berlian

Bawang Dayak – Bawang Berlian

Kapsul Bawang Dayak – Bawang Berlian adalah ekstrak dari tanaman khas kalimantan tengah yaitu bawang ....
Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Propolis merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu, dimana zat tersebut terdiri dari pucuk ....
RB Propolis With Nano Technologi Untuk Kesehatan Tubuh

RB Propolis With Nano Technologi Untuk Kesehatan Tubuh

RB Propolis with Nano Technologi merupakan salah satu produk propolis cair yang dibuat dari propolis ....