Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Tips Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Menyusui

Pasca melahirkan seorang ibu pastinya tidak diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas fisik yang terlalu berat, apalagi bagi para ibu yang menjalani proses persalinan secara caesar. Aktivitas yang berat dapat membuat jahitan di perut bekas operasi terasa nyeri. Bagi ibu pasca melahirkan juga harus memperhatikan asupan nutrisi, hal itu bertujuan agar air susu yang diproduksi oleh ibu menyusui bisa berkualitas baik bagi bayi baru lahir.

Jadi, jika bunda ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan harus dengan cara alami sehingga tidak akan membahayakan kesehatan bayi baru lahir dan juga ibu menyusui. Perlu ibu ketahui bahwa masa menyusui adalah waktu yang paling tepat untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Karena, masa menyusui sendiri sudah bisa membantu ibu untuk menurunkan berat badan.

Tips Menurunkan Berat Badan Ibu Menyusui

Berikut ini adalah beberapa cara aman menurunkan berat badan untuk ibu menyusui yang tidak membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan sehat adalah salah satu cara aman untuk menurunkan berat badan saat menyusui. Pastikan bahwa ibu menyusui mengkonsumsi makanan sehat ditambah dengan beberapa camilan sehat pula di sela-sela waktu makannya. Hal ini bisa mengontrol rasa lapar sambil menurunkan berat badan.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum yang cukup merupakan tips penting bagi ibu menyusui. Saat menyusui, ibu tidak boleh mengalami dehidrasi dan justru ibu menyusui harus lebih banyak mengkonsumsi cairan. Air putih dan jus buah adalah jenis cairan yang bisa memberikan ibu menyusui cukup energi untuk menyusui. Memenuhi kebutuhan cairan juga akan membantu program diet.

3. Melakukan diet seimbang

Diet seimbang artinya tidak boleh mengurangi porsi makan terlalu banyak. Diet seimbang adalah kunci utama untuk menurunkan berat badan pada masa menyusui. Yaitu, dengan banyak mengkonsumsi sayur serta buah-buahan, menghindari makanan olahan atau instan, kemudian tambahkan juga protein dari daging tanpa lemak.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

4. Olahraga ringan secara teratur

Melakukan olahraga secara teratur terutama fokus pada bagian perut merupakan cara yang tepat dan membuat tubuh ibu menyusui kembali ideal seperti sebelumnya. Meskipun demikian, sebelum ibu melakukan olahraga perut alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter karena kondisi ibu pasca melahirkan berbeda-beda.

5. Melakukan olahraga kardio

Jangan membayangkan olahraga kardio adalah olahraga berat. Olahraga kardio adalah berjalan-jalan santai pada pagi hari. Lakukan olahraga tersebut secara teratur setiap pagi maka akan bisa menurunkan berat badan Anda saat menyusui. Lakukan dengan perlahan sehingga tidak akan membebani tubuh Anda pasca melahirkan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai tips menurunkan berat badan untuk ibu menyusui pasca melahirkan. Melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat berserat yang disertai olahraga, Anda pun bisa mendapatkan tubuh ideal seperti semula. Selamat mencoba.

sumber gambar : http://www.mamaplaats.nl/image/legacy/2013/05/Losing-Weight-After-Pregnancy_598xn.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Madu Langsing Membantu Menurunkan Berat Badan

Madu Langsing Membantu Menurunkan Berat Badan

Madu langsing merupakan produk untuk menurunkan berat badan yang berkualitas dan membantu dalam proses melangsingkan ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....