Kesehatan

Cara Mengobati Mata Belekan

mengobati mata belekanMata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting bagi setiap manusia dan merupakan salah satu dari panca indera yang berfungsi untuk melihat. Selain sebagai alat vital yang penting, mata juga sangat sensitif. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mata untuk menghindari berbagai macam penyakit mata yang berbahaya.

Salah satu penyakit mata yang sering terjadi pada manusia adalah mata belekan atau keluarnya kotoran mata secara berlebih pada ujung mata. Mata belekan ini merupakan salah satu tanda bahwa mata sedang mengalami gangguan atau terkena penyakit mata. Gejala seperti ini merupakan suatu indikator bahwa terdapat kotoran di dalam mata.

Mengobati Mata Belekan

Mata belekan sering juga disebut dengan konjungtivitis yang ditandai dengan mata merah, berair dan keluarnya kotoran mata secara berlebih, lengket, mengganjal dan terkadang dapat menyebabkan bengkak. Untuk mengobati mata belekan, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Jangan pernah menyentuh mata dengan jari, karena pada jari tangan banyak menempel kuman penyakit yang dapat mengganggu kesehatan mata. Jika terjadi gatal pada mata gunakan kain lembut untuk mengusapnya.
  2. Pejamkan mata kemudian basuh kelopak mata menggunakan air hangat. Air hangat yang digunakan usahakan jangan terlalu panas. Jika terlalu panas justru dapat menyebabkan iritasi pada mata. Cara ini bertujuan untuk melunakan dempetan mata dan menghilangkan kotoran pada mata dari sisa belekan yang masih menempel di kelopak mata. Lakukan cara ini 3-4 kali dalam sehari setidaknya selama 5 menit.
  3. Gunakan obat tetes sesuai resep dokter untuk mengurangi iritasi mata dan rasa gatal pada mata yang disebabkan oleh penyakit mata tersebut.
  4. Hindari pemakaian tata rias di daerah mata sampai infeksi mata benar-benar sembuh.
  5. Jangan menggunakan kontak lens jika terbukti masih mengalami infeksi mata.
  6. Jagalah kebersihan tangan dengan mencuci tangan sesering mungkin karena secara tidak sadar setiap hari Anda menyentuh daerah mata sekitar kurang lebih 10x.
  7. Jika dalam waktu 2-3 hari mata Anda semakin tidak nyaman dan sensitif terhadap cahaya, maka cobalah untuk istirahatkan mata Anda dengan istirahat cukup minimal 6 jam.
BACA JUGA:  Pemberian Makanan Pendamping ASI Pertama Pada Bayi

Itulah beberapa cara mengobati mata belekan yang dapat Anda lakukan. Jagalah selalu kebersihan dan kesehatan mata Anda karena virus maupun bakteri yang menyebabkan penyakit mata tersebut biasanya terdapat di tempat-tempat yang kumuh. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.megamedportal.ru/uploads/articles/78be0a520121a93c13127eb8603a903f.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Propolis merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu, dimana zat tersebut terdiri dari pucuk ....