Bayi & Anak, Kesehatan

Penyebab Mata Belekan Pada Bayi

Share Yuk!

penyebab mata belekan pada bayiMata belekan yang terjadi pada bayi atau balita biasanya ditandai dengan mata merah, mata berair dan mata mengeluarkan banyak kotoran secara berlebih. Kondisi yang seperti ini tentu saja akan membuat bayi menjadi tidak nyaman seperti susah membuka mata pada saat bangun tidur karena kotoran mata dan air akan merekatkan selaput mata bagian atas dan juga bawah. Bahkan terkadang bayi akan menjadi gelisah dan rewel karena gangguan pada mata tersebut.

Penyebab Mata Belekan

Pada bayi atau balita, gangguan pada mata seperti mata belekan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, secara garis besar dibagi menjadi 2 penyebab utama yaitu sebagai berikut :

1. Mata Belekan Karena Penyumbatan Kelenjar Air Mata

Pada kasus mata belekan yang disebabkan karena penyumbatan kelenjar air mata ini, biasanya terjadi pada bayi berusia dibawah 3 tahun. Kondisi seperti ini akan menghambat aliran air mata pada bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun akan menjadi berair secara terus menerus. Dari genangan air inilah yang dapat mengundang kuman penyakit dan menyebabkan penyakit mata seperti mata belekan.

Jika bayi Anda mengalami gangguan pada mata ini maka Anda cukup membersihkannya dengan kapas basah. Biasanya mata belekan yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar air mata ini akan membaik dengan sendirinya. Namun jika dalam waktu 2-3 hari belum kunjung sembuh maka membutuhkan tindakan operatif.

2. Mata Belekan Karena Infeksi

Mata belekan yang disebabkan oleh infeksi jalan lahir pada proses persalinan, dokter biasanya akan memberikan obat sesuai dengan apa yang menjadi penyebabnya. Penyebabnya bisa berupa iritasi kimia, klamidia, bakteri atau virus. Gejala dari mata belekan yang terjadi karena infeksi ini adalah mata merah, bengkak, banyak mengeluarkan kotoran, kedua kelopak mata lengket dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Namun, penyebab mata belekan pada bayi dan balita lebih sering karena terjadinya infeksi virus yang sebenarnya cukup dilakukan terapi dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh bayi.

Itulah beberapa penyebab mata belekan pada bayi yang sering ditemui. Jika mata bayi mengalami gangguan pada mata seperti belekan maka sesering mungkin bersihkan mata menggunakan kapas basah. Tingkatkan imunitas bayi dengan memberinya multivitamin. Jika selama 2 kali 24 jam masih juga menunjukkan tanda-tanda penyembuhan maka segera periksakan ke dokter mata untukl mendapatkan pengobatan. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://buletinsehat.com/uploads/2014/11/Mata-Anak-Terus-Berair.png
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Moment Propolis, Obat Herbal Sebagai Antioksidan

Propolis merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu, dimana zat tersebut terdiri dari pucuk ....
Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Herbal Syifa Kids Mata Sehat merupakan formula nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia yang ....