Kecantikan, Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Share Yuk!

Pohon zaitun adalah pohon yang diberkati dan telah disebutkan dalam beberapa ayat di Al Quran serta Hadits. Dalam dunia kecantikan dan dunia kesehatan, minyak zaitun selalu dimasukkan dalam daftar salah satu bahan kosmetik ataupun obat-obatan perusahaan terkenal, karena kandungan asam lemak tak jenuhnya yang tinggi, khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal yang di dalamnya terdapat asam oleat (Omega 9) dan juga asam linoleat (Omega 6) dengan kadar 65-85%.

Penasaran dengan sejuta manfaat minyak zaitun? Berikut adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan.

Untuk Pelembab wajah

Kandungan zat linoleic acid mampu menjaga air menguap, sehingga zat ini sangat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit yang kering dan mulai berkeriput. Caranya oleskan pada wajah sambil dipijat ringan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk penyubur rambut

Minyak zaitun bisa membantu menyuburkan, menghitamkan dan melebatkan rambut. Caranya cukup dicampurkan dengan shampo yang Anda pakai  kemudian dibilas sampai bersih.

Merawat kesehatan kulit

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ketika mandi. Kulit tubuh pun akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih bercahaya.

Merawat tangan dan kuku

Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan air hangat untuk merendam tangan 1 minggu sekali. Kebiasaan ini membuat kulit tangan dan sekitar kukunya lembut.

Perawatan Kaki

Kaki pecah-pecah atau kasar bisa diatasi dengan perawatan minyak zaitun. Caranya denga mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari. Kemudian bersihkan di pagi harinya. Bisa dilakukan pada tangan, lakukan secara rutin selama satu bulan untuk hasil maksimal.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cepat

Untuk kulit tubuh

Caranya dengan mencampur minyak zaitun dengan garam kasar, untuk membuat scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh bisa membuat kulit lebih cerah.

Menghilangkan ketombe

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita, selain bermanfaat baik untuk wajah, minyak zaitun juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Caranya, oleskan ke rambut dengan dibarengi sedikit pijatan. Bungkus rambut menggunakan handuk bersih kurang lebih satu jam. Bilas rambut Anda dengan air bersih.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan:

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Minyak zaitun bekerja dengan memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kolesterol dengan menekan LDL (kolesterol jahat) dan membiarkan HDL (kolesterol baik). Minyak zaitun extra virgin dapat membantu menurunkan tingkat risiko serangan jantung karena kandungan antioksidan nabatinya yang sangat tinggi.

Melawan Kanker

Minyak zaitun dapat mereduksi kerusakan sel (kerusakan ini dapat memicu kanker). Fenol dalam minyak zaitun extra virgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat proses kanker, dan asam oleat diperkirakan mencegah penyebaran tumor.

Menghilangkan Arthritis

Minyak zaitun mengandung prostaglandin yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya dikonsumsi dalam campuran makanan sehari-hari dan akan membuat  anti nyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Atau dengan mengoleskan minyak zaitun pada nyeri otot atau nyeri sendi.

Mencegah Diabetes

Kandungan minyak zaitun berupa lemak tak jenuh tunggal. Sehingga minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta risiko diabetes tipe 2.

Menghentikan Rasa Nyeri

Kandungan oleokantal  dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.

BACA JUGA:  Menurunkan Risiko Kanker Payudara dengan Mengonsumsi Minyak Zaitun

Mencegah Pikun

Kandungan Asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.

Mencegah Osteoporosis (pengeroposan tulang)

Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang.

Mencegah Pikun

Asam lemak tak jenuh tunggal menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.

Membantu Memperkuat Tubuh Dalam Melawan HIV

Asam maslinat (produk alami yang disarikan dari minyak buah zaitun yang mengkal) diperkirakan dapat memperlambat penyebaran HIV. Minyak zaitun mengkal dapat menurunkan penyebaran HIV dalam tubuh sampai 80%. Zat ini menghambat serin-protease (enzim yang digunakan HIV untuk menyebarkan infeksi ke seuruh tubuh).

Demikian sedikit info tentang manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan, semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahn yang Anda hadapi. Minyak zaitun dengan aroma dan rasa khasnya, membuat kita terkadang enggan untuk mengkonsumsinya, tapi sekarang sudah banyak tersedia dalam bentuk kapsul sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya. Anda bisa dengan mudah mengkonsumsi minyak zaitun seperti minyak zaitun palestin 100 kapsul, dan minyak zaitun samawi herbal.

Sumber gambar : http://www.ljepotaizdravlje.ba/uploads/2014/08/maslinovo-ulje.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Kapsul Minyak Zaitun, Mengatasi Kolesterol dan Gula Darah

Kapsul Minyak Zaitun, Mengatasi Kolesterol dan Gula Darah

Kapsul minyak zaitun merupakan kapsul herbal dengan komponen utamanya adalah minyak zaitun. Masih menjadi trend ....