Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Cara Memperbanyak ASI Secara Alami

Share Yuk!

Air susu ibu (ASI) adalah sumber gizi terbaik bagi bayi baru lahir, dengan pemberian ASI eksklusif kepada bayi maka ibu telah membantu buah hatinya mencegah penyakit, membantu tumbuh kembang bayi, mencerdaskan bayi, mencegah kanker payudara dan lain sebagainya. Selain itu, pemberian asi eksklusif selama 6 bulan juga bisa mencegah kematian pada bayi.

Meskipun ASI sangat bermanfaat bagi bayi, akan tetapi ada masalah yang sering dihadapi oleh ibu menyusui yaitu kurangnya produksi ASI. Kondisi tubuh seorang ibu menyusui berbeda-beda, ada yang mempunyai ASI berlimpah namun ada juga yang ASInya hanya sedikit pada minggu-minggu pertama setelah melahirkan.

Cara Meningkatkan Produksi ASI

Banyak ibu menyusui tidak mengetahui bagaimana cara memperbanyak ASI secara alami sehingga suplemen pelancar asi terkadang menjadi pilihan utama. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa tubuh ibu menyusui secara alami bisa memproduksi ASI berlimpah untuk mencukupi kebutuhan sang bayi.

Jika produksi ASI Anda sedikit atau tidak terlalu banyak, maka berikut ini adalah cara memperbanyaki ASI secara alami.

1. Meningkatkan Frekuensi Menyusui

Cobalah ibu menyusui untuk memberikan ASI kepada bayi dengan frekuensi sering setiap tiga jam sekali pada siang hari dan empat jam sekali pada malam hari, cara ini efektif untuk meningkatkan produksi ASI.

2. Perhatikan Pola Makan

Wajib bagi ibu menyusui untuk memperhatikan pola makannya selama masa kehamilan dan juga menyusui. Sertakan sayuran hijau, susu, telur, bawang merah, bawang putih, daging, dan buah-buahan ke dalam menu makan sehari-hari untuk memperbanyak ASI bagi ibu menyusui. Makanan-makanan tersebut sangat baik bagi ibu menyusui dan efektif untuk meningkatkan produksi ASI.

3. Gaya Hidup

Cobalah menjadi seorang ibu menyusui yang rileks dan jauhkan rasa cemas dan stress dari diri Anda. Selain itu, hindari juga akifitas fisik dan juga mental karena hal ini akan meningkatkan hormon yang bertanggungjawab pada produksi ASI.

BACA JUGA:  Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

4. Membersihkan Puting dan Melakukan Pijatan

Memasuki kehamilan trimester ke-3, mulailah untuk membersihkan puting susu agar jalan keluar ASI bisa lancar. Selain itu, melakukan pemijatan secara perlahan menggunakan baby oil juga bisa membantu melancarkan ASI.

5. Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih dapat membantu meningkatkan produksi ASI karena dalam bawang putih terdapat banyak zat yang baik untuk produksi ASI. Anda bisa mengkonsumsinya secara mentah pada pagi hari atau memasukkannya dalam makanan Anda setiap kali memasak.

Beberapa cara tersebut diatas memang sangat bermanfaat untuk membantu memperbanyak ASI bagi ibu menyusui. Selain dengan cara diatas, Anda juga perlu melakukan olahraga secara teratur agar kondisi tubuh selalu sehat dan akan berdampak baik bagi kesehatan bayi.

sumber gambar : http://i0.wp.com/knowledgenuts.com/uploads/2013/10/153065393.jpg?fit=958%2C1024
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

fit-e, Susu Kambing Ettawa

fit-e, Susu Kambing Ettawa

FIT-E adalah susu kambing (jenis ettawa) dalam bentuk bubuk yang dibuat dengan teknik khusus sehingga ....
Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu for mama adalah madu alami yang dikombinasi dengan tanaman herbal berkhasiat seperti buah kurma, ....
Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Asina, Nutrisi Khusus Ibu Menyusui

Air susu ibu atau yang sering disebut ASI merupakan suatu kebutuhan penting untuk mencukupi nutrisi ....
Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI Cara Mudah Melancarkan ASI

Herba ASI adalah cara mudah untuk melancarkan ASI karena terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat memperbanyak ....