Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Tips Menjaga Berat Badan Pada Masa Kehamilan

menjaga merat badan saat hamilMemasuki masa kehamilan, biasanya berat badan ibu hamil akan terus bertambah seiring dengan perkembangannya. Namun seorang ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir karena hal ini sangat wajar jika bertambahnya berat badan masih dalam batas normal.

Bertambahnya berat badan yang berlebihan pada ibu hamil dapat berpotensi pada kehamilan yang beresiko, sehingga disarankan untuk ibu hamil agar selalu menjaga berat badan mereka supaya tidak berlebihan saat menjalani masa kehamilan.

Tips Menjaga Berat Badan Pada Masa Kehamilan

Berikut ini ada beberapa tips menjaga berat badan pada masa kehamilan yang aman bagi ibu hamil dan janin.

1. Mengatur makanan yang dikonsumsi dengan seimbang

Pada masa kehamilan terkadang ibu hamil mempunyai hasrat yang sangat besar untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan dalam jumlah banyak. Namun, usahakan agar ibu hamil tetap mengkonsumsi makanan dengan seimbang. Ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi gandum utuh sebagai nutrisi yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

2. Biasakan mengkonsumsi makanan sehat

Saat menjalani masa kehamilan, ibu hamil perlu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan segar. Misalnya saja berbagai macam sayuran dan juga buah-buahan. Mengkonsumsi sayur dan buah akan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, konsumsilah juga makanan sehat yang lain seperti ikan salmon, telur, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

3. Biasakan untuk berjalan kaki

Untuk menjaga berat badan pada masa kehamilan agar tidak berlebih, maka disarankan untuk ibu hamil supaya membiasakan diri untuk berjalan kaki paling tidak selama 25 menit. Jalan kaki dapat dilakukan di pagi hari tiga sampai empat kali dalam seminggu. Lakukan jalan kaki ini di pagi hari, selain Anda mendapat manfaat dengan berjalan kaki, Anda juga bisa menghirup udara segar di pagi hari.

4. Konsultasi dengan dokter

Usahakan untuk mendiskusikan mengenai cara menjaga berat badan setiap kali Anda melakukan konsultasi kepada dokter kandungan. Hal ini juga penting untuk Anda lakukan karena dapat menentukan proses persalinan yang nantinya akan Anda jalani.

5. Menghitung indeks masa tubuh

Penting bagi Anda untuk mengetahui berapa berat badan Anda sebelum masa kehamilan untuk mengetahui berapa jumlah penambahan berat badan yang baik dan sehat selama menjalani kehamilan. Hal ini adalah salah satu cara untuk memonitor apakah penambahan berat badan Anda selama kehamilan masih dalam batas normal atau tidak.

Informasi mengenai tips menjaga berat badan selama masa kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin ini semoga dapat bermanfaat. Mulailah hidup sehat dari sekarang.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://images.bokra.net/bokra//09-03-2014/01925350_225167057689622_32785719_n.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment slimmer merupakan produk herbal alami yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Produk pelangsing tubuh ....
Diet Sehat Dengan Madu Diet Rempah

Diet Sehat Dengan Madu Diet Rempah

Madu Diet Rempah atau MDR merupakan produk untuk menurunkan berat badan sekaligus menambah stamina tubuh. ....