Mengatasi Mual Dan Muntah Berlebihan Pada Masa Kehamilan

mengatasi mual

mengatasi mual

Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami mual dan muntah pada awal masa kehamilan, karena wanita hamil mengalami perubahan hormonal yang dapat membuatnya menjadi sensitif terhadap bau makanan yang menyengat maupun penampakan makanan. Gejala mual dan muntah ini biasa disebut dengan morning sickness (perasaan mual dan ingin muntah). Hal seperti ini terjadi pada trimester pertama pada masa kehamilan, namun akan berkurang dan hilang dengan sendirinya setelah masa kehamilan menginjak trimester kedua ataupun ketiga.

Gejala mual dan muntah memang sudah sangat umum terjadi pada masa kehamilan awal, namun jika sudah berlebihan maka keadaan ini akan sangat mengganggu dan menimbulkan kecemasan bagi Ibu hamil.  Mengapa? Karena dalam keadaan seperti ini seorang Ibu hamil benar-benar kehilangan nafsu makannya, dimana setiap selesai makan pasti semuanya akan dimuntahkan. Padahal disisi lain, janin yang ada dalam kandungan membutuhkan asupan gizi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi Ibu hamil. Lalu, bagaimana cara mengatasi mual dan muntah berlebihan pada masa kehamilan yang aman bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan?

Cara mengatasi mual dan muntah berlebihan pada masa kehamilan :

  1. Mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit namun sering, karena jika Ibu hamil mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar maka hal itu akan menambah rasa mual dan muntah Anda.
  2. Pada masa kehamilan sebisa mungkin Anda mengindari makanan pedas yang mengandung lemak dan minyak karena justru akan memperburuk rasa mual dan muntah.
  3. Konsumsiah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan protein yang dapat membantu mengatasi mual dan muntah berlebihan yang Anda alami. Misalnya dengan banyak mengkonsumsi sayur, buah, kentang, biscuit, dll.
  4. Minum juice atau air putih yang cukup, selain dapat mengatasi mual dan muntah juga dapat menghindari dehidrasi akibat muntah yang berlebihan.
  5. Menggunakan cara tradisional untuk mengatasi mual dan muntah dengan jahe. Ibu hamil bisa mengkonsumsi minuman jahe ataupun dengan permen jahe, hal ini telah terbukti dapat membantu mengatasi mual dan muntah berlebihan pada masa kehamilan.
  6. Istirahat yang cukup dan hindari stres. Cara tersebut sangat membantu untuk mengatasi mual dan muntah dan mual pada masa kehamilan. Karena, bila seorang Ibu hamil mengalami stres maka hal itu justru akan memperburuk rasa mual dan muntah yang dialami. Luangkanlah waktu untuk beristirahat santai sambil mendengarkan musik atau membaca majalah tentang kehamilan.

Itulah beberapa cara mengatasi mual dan muntah yang berlebihan pada masa kehamilan. Berusahalah selalu untuk menjaga kesehatan Anda dan Janin dalam kandungan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Anda juga dapat memperoleh tambahan gizi yang baik dengan menggunakan Madu Ibu Hamil dan Sari Kurma Al-Jazira untuk menjaga kesehatan Anda saat hamil. Semoga Bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://devarrizaldhi.files.wordpress.com/2009/08/morning-sickness.jpg?w=320&h=292
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

Komentar