Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Mengatasi Stres Pada Ibu Hamil Selama Kehamilan

Share Yuk!

Bagi ibu hamil alangkah baiknya untuk tidak hanya memperhatikan fisiknya saja selama masa kehamilan, namun kesehatan psikis juga membutuhkan perhatian dan sama pentingnya. Pasalnya, kondisi psikis ibu hamil yang kurang baik dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Jika keduanya dalam keadaan tidak baik, maka akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan.

Ibu hamil yang mengalami stress selama masa kehamilan juga dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan yang berpengaruh terhadap suplai oksigen ke dalam janin. Jika suplai oksigen ke janin berkurang, maka hal itu dapat memicu terjadinya kelainan pada perkembangan janin di dalam kandungan.

Setiap orang sebenarnya juga mengalami stress, namun kadarnya yang berbeda-beda. Ada stress ringan dan juga ada yang berat. Kadar stress yang berat biasanya dapat mempengaruhi kejiwaan ibu hamil sehingga akan menyebabkan daya tahan tubuhnya menurun. Dengan daya tahan tubuh yang menurun, akan dikhawatirkan membuat ibu hamil mudah terserang oleh berbagai penyakit.

Mengatasi Stres Pada Ibu Hamil

Salah satu penyebab stress pada ibu hamil umumnya adalah kondisi kehamilan itu sendiri, misalnya saja ibu hamil mengalami mual muntah yang terlalu berat, morning sickness, khawatir dengan perubahan bentuk tubuhnya dan lain sebagainya. Namun ada juga stress yang disebabkan oleh beban pekerjaan yang terlalu berat.

Ada beberapa cara ampuh mengatasi stres pada ibu hamil yang dapat dilakukan. Diantara adalah sebagai berikut :

  1. Menjalani masa kehamilan dengan penuh rasa bahagia sehingga ketika ibu hamil akan menjalani proses persalinan dapat berjalan dengan lancar dan menjadi buah cinta antara suami dan istri. Hal ini tentu saja dapat dijadikan sebagai salah satu cara dalam mempererat keharmonisan sebuah rumah tangga yang sedang dibina.
  2. Memperbanyak mencari ilmu pengetahuan dan juga informasi seputar kehamilan dan bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan maupun bagaimana acara menjaga kesehatan janin dan perkembangan janin.
  3. Menjaga pola hidup yang sehat dan pola makan yang teratur selama masa kehamilan dengan cara banyak mengkonsumsi makanan sehat, istirahat teratur dan melakukan olahraga ringan secara teratur.
  4. Banyak bertanya dengan ibu-ibu lain yang telah berpengalaman dalam menjalani masa kehamilan hingga proses persalinan bahkan ampai masa ibu menyusui.
  5. Dapatkan dukungan penuh dari sang suami dan juga keluarga besar lainnya dalam menjalani masa kehamilan hingga proses persalinan. Hal itu sangat berpengaruh dan memberikan nilai yang sangat bermakna bagi ibu hamil. Selain itu, dukungan tersebut juga merupakan salah satu cara yang tepat dalam mengatasi stress emosional selama masa kehamilan.
  6. Jika mengalami masalah yang tidak dapat diselesaikan sendirian, maka ibu hamil bisa mengkomunikasikan dengan baik kepada sang suami jika berhubungan dengan kesehatan ibu hamil. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mendapatkan solusi pilihan.
BACA JUGA:  Bahaya Pemanis Buatan Bagi Kesehatan Tubuh

Jika kondisi stres mental pada ibu hamil sudah begitu berat maka segeralah untuk ditangani, karena jika dibiarkan begitu saja stress dapat memberikan efek buruk bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

 

sumber gambar : http://assets.kompas.com/data/photo/2012/08/03/0214304780x390.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Popok Lansia / Dewasa Kain Cuci Ulang Jelita-v  Ukuran L

Popok Lansia / Dewasa Kain Cuci Ulang Jelita-v Ukuran L

Popok Lansia Kain Cuci Ulang  Jelita-V atau bisa disebut juga Popok Dewasa, diapers dewasa, Clodi ....
Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....