Cara Merawat Hidung Bayi Baru Lahir Dengan Tepat

perawatan bayi bagian hidungPerawatan bayi memiliki banyak keragaman, mulai dari perawatan yang berhubungan dengan organ tubuh bayi secara keseluruhan maupun lingkungan sekitar bayi. Semuanya itu harus dilakukan dengan cara yang tepat dan benar sehingga mendukung tumbuh kembang anak dengan lancar dan sehat. Hal ini tentu saja harus dilakukan secara rutin dan terjadwal.

Perawatan bayi baru lahir dapat dikatakan gampang-gampang susah karena harus dilakukan dengan ekstra hati-hati dan tidak sama dengan merawat anak yang sudah besar, oleh sebab itulah bunda harus mulai terbiasa dan menyenangi kebiasaan baru tersebut. Tubuh bayi juga sangat mudah kotor sehingga penting untuk selalu dibersihkan dan dilakukan perawatan bayi terutama daerah hidung. Hidung merupakan bagian tubuh yang berpotensi untuk menyimpan kotoran.

Seringkali bayi baru lahir mengalami kesulitan untuk bernafas karena kondisinya yang sering mengeluarkan lendir dari dalam hidungnya. Hal ini tentu saja membuatnya kesulitan bernafas dan bunda harus memiliki cara merawat hidung bayi baru lahir dengan tepat. Berikut adalah beberapa caranya.

  1. Bunda bisa merawat hidung bayi baru lahir menggunakan cotton bud yang telah diberi dengan air hangat, kemudian bunda bisa memasukkan di lubang hidung bayi pada bagian luar. Ingatlah bahwa bunda tidak boleh memasukkannya terlalu dalam.
  2. Bunda dapat membersihkan hidung bayi baru lahir dengan gerakan memutar dari arah kiri ke kanan dengan hari-hati dan perlahan.
  3. Apabila terdapat kotoran hidung yang sudah mendekati lubang hidung bagian luar, bunda bisa menggunakan pinset kecil atau cotton bud untuk mengambil kotoran hidung tersebut.
  4. Jangan pernah menggunakan kain yang kasar untuk mengeluarkan kotoran dari dalam hidung bayi baru lahir, apalagi menggunakan jari atau kuku bunda, karena hal itu bisa saja melukai hidung bayi.
  5. Bersihkan dengan perlahan dan jangan terlalu keras karena bagian dalam hidung bayi baru lahir masih sangat lembut dan sensitif.
  6. Jangan pernah menghisap kedua lubang hidung bayi secara bersamaan, hal tersebut akan mengakibatkan lendir hidung akan naik ke telinga bagian tengah dan akan menimbulkan infeksi.

Itulah cara merawat hidung bayi baru lahir yang dapat bunda lakukan untuk membersihkan kotoran hidung. Lakukan dengan penuh kesabaran dan hati-hati agar buah hati Anda tidak terluka. Masih ada perawatan bayi lainnya yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.babylike.com.tw/uploads/2014/12/getty_rf_of_baby_runny_nose_bulb_syringe.jpg

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong Bayi Instan Dita, Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bedong instan Dita adalah salah satu bedong bayi yang pemakaiannya sangat mudah. Pertama buka bedong, ....
Rp 55.000 Beli
Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee latex newborn pillow merupakan bantal bayi anti peyang yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi ....
Rp 350.000 Beli
Propolis Nado Anti Biotik Herbal Cocok Untuk Bayi Dan Anak-Anak

Propolis Nado Anti Biotik Herbal Cocok Untuk Bayi Dan Anak-Anak

Madu Propolis Nado adalah antibiotik herbal. Propolis Nado diekstrak dengan madu sehingga dijamin halal. Propolis Nado telah ....
Rp 100.000 Beli

Komentar