Cara Aman Memandikan Bayi Baru Lahir

memandikan bayi baru lahirMemandikan bayi baru lahir kerap membuat ibu muda atau pasangan yang baru saja mempunyai seorang anak untuk yang pertama kalinya menjadi bingung. Apalagi pada minggu pertama dimana tali pusarnya belum ‘puput, kulit bayi masih lembek atau empuk dan takut kulitnya yang lembut terluka.

Pada dasarnya untuk bayi baru lahir disarankan oleh dokter untuk tidak memandikannya dengan cara diguyur atau terlalu lama merendamnya di bak mandi. Bayi baru lahir cukup dimandikan dengan menggunakan waslap. Berikut adalah cara aman memandikan bayi baru lahir.

Cara aman memandikan bayi baru lahir :

  1. Terlebih dahulu siapkan peralatan untuk mandi. Seperti : air hangat secukupnya, shampo dan sabun bayi, handuk bayi dan waslap untuk memandikan.
  2. Buka baju bayi secara perlahan, kemudian bungkus badan bayi dengan dengan handuk lalu baringkan diatas alas yang anti air.
  3. Bersihkan kelopak mata bagian atas secara perlahan menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat dan diperas.
  4. Beri sedikit sabun pada waslap. Bersihkan tubuh bayi dengan waslap secara perlahan, tutup bagian tubuh bayi yang sedang tidak dibersihkan dengan handuk, tujuannya agar bayi tidak kedinginan.
  5. Usap telinga bayi pada bagian luar dengan waslap  secara hati-hati agar air tidak masuk ke telinga. Tidak lupa, bersihkan juga lipatan-lipatan pada leher, tangan dan kaki bayi.
  6. Beri sedikit shampo pada waslap kemudian gosokkan hingga keluar busa, secara perlahan usapkan di kepala bayi. Bersihkan waslap atau jika perlu ganti waslap kedua untuk membersihkan kepala bayi hingga tidak ada busa. Usap secara perlahan.
  7. Pada daerah kelamin, bersihkan mulai dari arah depan ke arah belakang. Bersihkan sampai bersih secara hati-hati.
  8. Setelah bersih, pindahkan bayi dari tempat mandi ke tempat tidur atau yang lain. Keringkan dengan halus bagian kepala, wajah, tubuh, tangan, kelamin hingga kakinya.
  9. Gosok seluruh tubuh bayi dengan minyak telon dan beri bedak pada bagian perut dan punggung.
  10. Pakaikan baju dan popoknya. Jika perlu sisir rambutnya atau diusap saja dengan tangan.

Itulah cara aman memandikan bayi baru lahir. Sekarang buah hati sudah bersih dan wangi. Siap untuk di gendong dan diberi ASI. Bayi sehat ibu pun senang.

PENTING UNTUK ANDA

sumber gambar: http://beritakawanua.com/userfiles/upload/l/b530bc95c7f1889740b4f2349f75ec5a_foto-bayi-baru-lahir-tidur-senyum.jpg
Sale!
Minyak Telon Al-Ghuroba’ untuk Menjaga Buah Hati Anda

Minyak Telon Al-Ghuroba’ untuk Menjaga Buah Hati Anda

Minyak Telon Al-Ghuroba’ merupakan salah satu minyak telon yang tanpa menggunakan bahan kimia dan bahan ....
Rp 20.000 Rp 12.000 Beli
Sabun Tazakka Junior, Sabun Mandi Spesial Untuk Anak

Sabun Tazakka Junior, Sabun Mandi Spesial Untuk Anak

Sabun tazakka junior, sabun mandi spesial untuk anak dibuat dengan Esktrak Minyak Zaitun, Habbatus sauda ....
Rp 8.000 Beli

Komentar