Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Gerakan Janin Di Minggu Terakhir Masa Kehamilan

Share Yuk!

Mengamati setiap gerakan janin untuk mengawal perkembangan janin adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap ibu hamil di setiap masa kehamilannya. Waktu yang paling tepat untuk mengamati setiap gerakan janin pada usia kehamilan menjelang persalinan atau minggu terakhir masa kehamilan adalah pada pagi hari ketika bangun tidur.

Pada ibu hamil, kelahiran seorang bayi biasanya akan dimulai pada usia kehamilan di minggu ke 39 hingga minggu ke 41, meskipun demikian persiapan persalinan harus ibu hamil perhatikan sejak jauh-jauh hari. Hal ini tentu saja berhubungan dengan kondisi ibu hamil pada setiap masa kehamilan tersebut berbeda-beda. Salah satu faktor yang membedakan adalah penanganan segera oleh ahli medis karena adanya kelainan yang ditemukan pada ibu hamil dan juga janin sehingga beresiko pada persalinan prematur.

Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk mengenali setiap gerakan janin pada minggu terakhir masa kehamilan menjelang proses persalinan. Pada usia kehamilan 36 minggu, janin sudah memiliki ukuran dan juga kematangan yang siap untuk dilahirkan. Organ tubuh janin telah berbentuk dengan sempurna, diantaranya adalah hati, paru-paru dan juga ginjal.  Hati yang dimiliki oleh bayi di usianya yang ke 36 minggu telah menghasilkan kotoran. Dengan terbentuknya organ tubuh bayi yang telah sempurna maka kehamilan Anda telah memasuki minggu-minggu terakhir dimana bayi siap untuk dilahirkan.

Pada usia kehamilan 37 minggu, bayi dalam kandungan akan mengubah posisi sesuai dengan jalan persalinan yang akan dihadapi. Gerakan janin di usia kehamilan 37 minggu menjelang persalinan ini akan ditandai dengan bayi yang mulai turun ke panggul, normalnya kepala bayi akan menghadap pada jalan lahir. Gerakan janin selanjutnya pada usia kehamilan ini adalah ditandai dengan lapisan bulu halus yang mengalami kerontokan dan vernik caseosa atau lapisan yang melindungi bayi di dalam rahim ibu mulai menghilang, bayi akan menelan keduanya tersebut sehingga hal itulah yang mempengaruhi buang air besar pertama pada bayi berwarna kehitaman.

BACA JUGA:  Resiko Kekurangan Gizi Pada Ibu Hamil

Menjelang usia kehamilan ke 38 minggu, ibu hamil akan lebih sering mengalami kontraksi. Selain itu, gerakan janin juga akan semakin berkembang. Salah satunya adalah dengan menambah simpanan lemak untuk membantu kondisi suhu tubuh bayi agar tetap terjaga setelah proses persalinan. Selanjutnya pada usia ke 39, gerakan janin tengah siap menghadap ke jalan lahir dan pada minggu ke 39 ini cairan amnion yang jernih telah berubah menjadi pucat seperti susu.

Selanjutnya pada minggu terakhir usia kehamilan yaitu di minggu ke 40 ditandai dengan kondisi rahim ibu hamil yang semakin sempit dan bayi yang ada dalam kandungan akan menghasilkan hormon yang disebut dengan hormon hormon kortison yang berasal dari kelenjar adrenal. Hormon ini bermanfaat untuk membantu janin dalam menyempurnakan organ paru-parudan mempersiapkan penerimaan udara setelah bayi lahir.

Itulah beberapa gerakan janin pada minggu terakhir masa kehamilan yang perlu ibu hamil ketahui. Sebaiknya ibu juga senantiasa mengenali tanda-tanda persalinan yang semakin dekat sehingga segera mendapatkan penanganan yang tepat dan proses persalinan berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat.

sumber gambar : http://www.pulaumorotaikab.go.id/gambar/artikel/artikel-bayi-belajar-sejak-dalam-kandungan-25besar.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Paket Madu Penyubur Kandungan

Paket Madu Penyubur Kandungan

Memiliki momongan dalam sebuah rumah tangga adalah sebuah kebahagiaan bagi setiap pasangan. Namun terkadang hal ....
Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu Penyubur Kandungan, Nutrisi Untuk Kesehatan Reproduksi

Madu penyubur kandungan merupakan madu dengan racikan herbal yang secara khusus di produksi untuk kesuburan ....