Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Tips Menjalani Minggu-Minggu Terakhir Masa Kehamilan

Share Yuk!

persiapan persalinanMenjelang minggu-minggu terakhir masa kehamilan, mungkin ibu hamil akan merasakan gelisah dan juga rasa nyeri yang disebabkan oleh gerakan janin yang semakin kuat. Selain disebabkan karena janin yang semakin besar, ruang gerak janin semakin terbatas dan rasa sakit akibat tendangan janin, rasa nyeri juga disebabkan karena rahim ibu hamil semakin tipis seiring dengan masa kehamilan yang semakin tua.

Meskipun demikian, jalani saja segala sesuatunya. Jangan sampai ibu hamil justru merasa stress karena terlalu memikirkan proses persalinan. Pada minggu-minggu terakhir masa kehamilan, biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk lebih sering dan rutin memeriksakan kandungan. Hal ini bertujuan agar kondisi janin terpantau dengan baik serta jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa segera dilakukan tindakan medis oleh dokter sebagai solusi terbaiknya.

Berikut ini adalah tips menjelang minggu-minggu terakhir masa kehamilan yang sebaiknya dilakukan oleh para ibu hamil.

1. Mengikuti saran dokter dalam beraktivitas sehari-hari

Seorang ibu hamil perlu mengikuti saran dokter, hal itu bertujuan agar masa kehamilan ibu sehat dan proses persalinan nantinya dapat berjalan dengan lancar. Di minggu-minggu terakhir masa kehamilan, biasanya ibu disarankan untuk melakukan olahraga ringan, istirahat cukup, mengkonsumsi makanan sehat serta jaga pikiran agar tidak stress.

2. Perhatikan dan catat kontraksi yang terjadi

Ibu hamil harus mulai memperhatikan kontraksi yang terjadi. Jika perlu, siapkan pula catatan untuk mencatat kontraksi yang terjadi. Jika kontraksi terjadi dalam waktu lama, kemudian berubah menjadi lebih seing dan teratur maka segera hubungi dokter. Kontraksi permulaan sebagai tanda akan adanya proses persalinan dimulai 10 menit sekali, kemudian 5 menit dan jedanya akan semakin dekat dan sering.

BACA JUGA:  Gerakan Janin Di Minggu Terakhir Masa Kehamilan

3. Perhatikan gerakan janin

Sebaiknya ibu hamil juga memperhatikan gerakan janin. Segera periksakan ke dokter apabila terjadi gerakan janin yang semakin melemah dan tidak seperti biasanya. Dalam waktu kurang lebih satu jam biasanya akan terjadi kira-kira 5 hingga 6 gerakan pada janin, baik gerakan menendang cegukan dan lain sebagainya.

4. Mencari informasi seputar tanda-tanda persalinan

Ibu hamil penting mengetahui tanda-tanda persalinan, hal ini agar ibu hamil bisa segera pergi ke rumah sakit ketika tanda-tanda persalinan sudah mulai terjadi. Ibu hamil dapat mencari informasi melalui media massa, internet dan lain sebagainya.

5. Tentukan rumah sakit pilihan dan siapkan perlengkapan

Pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan, sebaiknya ibu hamil telah menentukan rumah sakit yang akan digunakan untuk melahirkan. Selain itu, siapkan juga tas yang berisi barang-barang kebutuhan untuk persalinan. Hal ini agar sewaktu-waktu ibu hamil telah merasakan tanda-tanda persalinan, ibu hamil bisa cepat-cepat pergi ke rumah sakit tanpa harus disibukkan dengan berkemas barang bawaan dan bingung rumah sakit mana yang akan dituju.

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi para ibu hamil, selamat menjalani minggu-minggu terakhir masa kehamilan dan semoga diberi kelancaran dalam menjalani proses persalinan nantinya.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://lia-amelia.com/uploads/2012/12/persiapan-persalinan-3.jpg
Share Yuk!