Kesehatan, Pasutri

Waktu Yang Tepat Untuk Berhubungan Seks Pasca Persalinan

Share Yuk!

bayiDalam hal berhubungan intim pasca persalinan tidak ada perbedaan yang mendasar antara melahirkan secara normal atau caesar. Secara medis, Anda dan suami disarankan untuk menunggu paling tidak 6 minggu (40 hari) pasca persalinan sebelum bisa berhubungan intim kembali. Karena saat itu, organ kelamin wanita sudah kembali normal dan rahim juga telah kembali pada ukuran sebelum hamil. Jika memaksa sebelum waktunya, justru akan membuat jaringan Miss V robek dan luka kecil. Akibatnya terjadi pendarahan dan rasa tidak nyaman di Miss V.

Berikut kami informasikan waktu yang tepat untuk berhubungan seks pasca persalinan.

Mendapatkan persetujuan dari dokter

Anda memerlukan persetujuan dari dokter sebelum melakukan seks pasca melahirkan, terutama jika melahirkan secara normal atau melalui Miss V. Hubungan seks sebelum 4 minggu masa persalinan, tidak hanya dapat merusak jahitan Miss V yang belum pulih total setelah melahirkan, tetapi juga membuat Anda rentan terhadap infeksi Miss V. Jika proses melahirkan melalui operasi caesar, tunggu hingga jahitan pada perut telah benar-benar sembuh. Melakukan hubungan seks ketika tubuh belum siap untuk seks akan membuat wanita merasakan rasa sakit, bukannya kepuasan.

Tunggu setelah masa nifas

Beberapa dokter menyebutkan, berkisar 4-6 minggu atau ketika cairan yang dikeluarkan dari liang senggama setelah melahirkan (perdarahan postpartum) sudah berhenti maka dapat dilakukan hubungan intim. Perdarahan ini berasal dari dalam rahim dan terjadi pada semua ibu, terlepas dari bagaimana cara mereka melahirkan, baik normal atau caesar. Inilah yang sering disebut masa nifas.

Nifas merupakan masa pembersihan rahim, dimana darah nifas tersebut merupakan campuran sisa darah, kelenjar dan jaringan dari dalam uterus mengandung trombosit, sel-sel degeneratif, sel-sel mati, dan sel-sel endometrium sisa. Inilah saat dimana tidak ada atau berkurangnya dorongan seksual istri.

BACA JUGA:  Adab Berhubungan Intim Dalam Islam

Setelah proses pemulihan selesai

Alasan utama menghindari sanggama pasca persalinan adalah untuk mencegah infeksi sekaligus memberi peluang bagi jaringan genital wanita untuk sembuh. Bagi wanita yang melahirkan secara caesar harus berhati-hati. Jangan sampai jahitan bekas operasi membuka kembali dan menyebabkan infeksi. Sekali lagi, tunggulah berkisar 6 minggu, sampai dokter akan memastikan bahwa luka irisan bedah caesar mengalami penyembuhan dengan baik dan perdarahan postpartum Anda berhenti.

Setelah hilang nyeri saat berhubungan

Meskipun hubungan intim telah boleh dilakukan setelah minggu ke-6, sebagian ibu masih mengeluh sakit atau nyeri saat berhubungan, padahal telah lewat beberapa bulan pasca persalinan. Gangguan ini disebut dyspareunia atau rasa nyeri waktu senggama.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab, yaitu:

1. Adanya infeksi, bisa disebabkan karena bakteri, virus, atau jamur.

2. Adanya penyakit dalam kandungan, misalnya tumor.

3. Konsumsi jamu. Jamu-jamu ini mengandung zat-zat yang memiliki sifat astingents yang berakibat menghambat produksi cairan pelumas pada Miss V saat seorang wanita terangsang seksual.

4. Faktor psikologis yaitu kecemasan yang berlebihan, seperti kurang siap secara mental untuk berhubungan intim, dan adanya trauma masa lalu.

Sumber gambar:
1.http://www.wykop.pl/ludzie/dreaper/
2.https://pondokibu.com/uploads/2012/03/gurah_rahim_1.jpg 

PRODUK PILIHAN :



Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, di racik dari perpaduan bahan-bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Suplemen wanita dewasa ini ....
Harumi, Herbal Untuk Menjaga Kesehatan Wanita

Harumi, Herbal Untuk Menjaga Kesehatan Wanita

Harumi adalah sinergi herba untuk menjaga kesehatan wanita yang dibuat dari ekstrak daun sirih, kemangi, ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....