Penyebab Batuk dan Pilek Pada Anak

Batuk dan pilek adalah  salah satu gejala yang dapat terjadi pada siapa saja, namun sering terjadi pada anak. Sebenarnya batuk merupakan refleks dari tubuh untuk membantu membersihkan kotoran atau debu dari jalannya nafas. Meskipun demikian, pada kondisi tertentu, batuk dan pilek  membutuhkan penanganan secara medis.

Mengamati ciri-ciri, penyebab dan jenis batuk akan sangat membantu Anda mengidentifikasi, apakah batuk yang terjadi pada anak-anak termasuk dalam kategori batuk biasa atau bisa juga termasuk batuk yang perlu untuk dikhawatirkan dan berbahaya. Berikut ini adalah penyebab batuk dan pilek pada anak yang penting untuk Anda ketahui agar Anda lebih mudah dalam menjaga kesehatan anak.

1. Batuk pilek pada anak karena alergi

Batuk pilek pada anak yang telah dialami lebih dari 2 atau 3 hari bisa jadi disebabkan oleh alergi. Untuk mengatasi masalah batuk dan pilek pada anak yang disebabkan karena alergi adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dengan memberinya banyak minum, memberikannya makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Penyebab batuk dan pilek karena alergi biasanya timbul karena faktor lingkungan seperi debu, asap atau bulu bintang. Batuk dan pilek ini dapat sembuh dengan sendirinya.

2. Batuk dan pilek pada anak karena infeksi

Penyebab batuk pilek pada anak yang sangat parah adalah virus atau bakteri. Tanda-tandanya seperti demam, ngilu dan badan terasa letih. Proses penyembuhan batuk dan pilek yang disebabkan oleh bakteri akan cepat teratasi dengan pemberian nutrisi yang baik pada anak. Batuk dan pilek karena infeksi dapat sembuh tanpa pengobatan medis, caranya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan memberikan asupan makanan bergizi.

Batuk pilek pada anak adalah tanda bahwa ada lendir pada tenggorokan anak, sehingga batuk dan pilek merupakan proses pengeluaran lendir yang ada pada tenggorokan anak. Banyak dokter yang menyarankan untuk tidak memberikan obat batuk atau pilek karena sebenarnya obat batuk hanyalah sebagai penolong pembersihan lendir pada tenggorokan anak. Dalam hal ini yang harus dihindari adalah penyebab batuk dan pilek tersebut, yaitu dengan memberikan makanan bergizi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak.

Informasi diatas semoga dapat bermanfaat dan membantu para bunda dalam menjaga kesehatan anak. Salam sehat.

sumber gambar : http://cfile239.uf.daum.net/image/11207E4E50AC96BD09E1BB

2 thoughts on “Penyebab Batuk dan Pilek Pada Anak”

  1. Trima kasih infonya krn sngat bermanfaat buat saya.. Saya mau tanya klo lendir berwarna hijau dan kental apa berarti itu mau sembuh… Mksihh

    Reply
    • Selamat pagi. Terima kasih atas respon baiknya bunda. Batuk adalah respons alami yang dilakukan tubuh untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi, seperti debu atau asap, agar keluar dari saluran pernapasan. Lendir yang dikeluarkan setiap orang saat mengalami batuk dan pilek berbeda-beda. Jadi, tidak dapat dipastikan secara tepat bahwa lendir yang berwarna hijau dan kental merupakan salah satu tanda kesembuhan. Yang terpenting adalah minum obat secara teratur yang diberikan oleh dokter dan jaga selalu kesehatan dengan istirahat cukup. Semoga cepat sembuh.

Leave a Comment