Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Tahapan Bayi Dalam Rahim Selama Masa Kehamilan

Kehamilan bagi seorang wanita adalah sebuah pengalaman berharga yang tidak dapat terlupakan meskipun sudah lebih dari satu kali mereka rasakan. Membesarkan janin dalam kandungan hingga menjadi bayi yang siap untuk dilahirkan kedunia bisa jadi membuat para wanita merasa kuwalahan dengan segala perasaan yang ditimbulkan selama masa kehamilan, seperti rasa senang, cemas, was-was dan lain sebagainya. Meskipun selama menjalani masa kehamilan 40 minggu terasa seperti seabad, namun banyak juga para wanita yang berkata bahwa waktu kehamilan berjalan dengan sangat cepat.

Semua yang akan bunda alami selama masa kehamilan jika dijalani dengan penuh suka pastinya minggu demi minggu masa kehamilan dapat dilalui dengan lancar. Perlu bunda ingat bahwa Anda dan janin yang ada dalam kandungan adalah dua individu yang berbeda dan setiap kehamilan pastinya akan memiliki cerita serta pengalaman yang berbeda.

Tahapan Bayi Dalam Rahim Selama Masa Kehamilan

Penting juga untuk bunda ketahui bahwa manusia diciptakan melalui tiga tahapan dalam rahim seorang ibu. Fase tersebut mengacu pada tahap-tahap yang berbeda dari perkembangan bayi di dalam rahim. Berikut ini adalah tahapan bayi dalam rahim selama masa kehamilan.

1. Tahap Pre-embrionik

Pada tahap pertama masa kehamilan ini, zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel kemudian terbentuklah segumpalan sel yang kemudian membenamkan diri pada dinding rahim. Seiring dengan pertumbuhan zigot yang semakin membesar, sel-sel penyusun zigot pun mengatur diri mereka sendiri untuk membentuk tiga lapisan.

2. Tahap Embrionik

Pada masa kehamilan memasuki tahap embrionik ini berlangsung selama lima setengah minggu. Pada tahapan ini bayi dalam kandungan disebut dengan “embrio”. Pada tahapan ini, organ serta sistem tubuh bayi mulai terbentuk dari lapisan sel-sel tersebut.

BACA JUGA:  Cara Mencegah Masalah Keputihan Pada Ibu Hamil

3. Tahap fetus

Dimulai dari tahap ini dan seterusnya, bayi dalam kandungan disebut dengan “fetus”. Tahapan ini dimulai sejak masa kehamilan memasuki bulan ke delapan dan akan berakhir hingga proses persalinan. Ciri khusus untuk tahap ini adalah fetus terlihat menyerupai manusia dengan adanya wajah, kedua kaki dan tangannya. Walaupun pada awal mulanya fetus hanya memiliki panjang 3 cm, kesemua orang tubuhnya sudah terlihat. Tahapan ini kurang lebih berlangsung selama 30 minggu, dan perkembangannya pun berlanjut sampai proses persalinan.

Informasi mengenai perkembangan bayi di dalam kandungan bunda tersebut baru didapatkan setelah serangkaian pengamatan dengan menggunakan berbagai macam peralatan modern. Semoga bisa bermanfaat bagi para ibu hamil.

sumber gambar : https://lh5.googleusercontent.com/-XBcqbsZWVZY/UUkZ7i_pW7I/AAAAAAAAH4I/o3lttGWwvCc/w800-h800/perkembangan-embryo.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Popok Lansia / Popok Dewasa Kain Cuci Ulang Jelita-V  Ukuran XL

Popok Lansia / Popok Dewasa Kain Cuci Ulang Jelita-V Ukuran XL

Popok Lansia Kain Cuci Ulang  Jelita-V atau bisa disebut juga Popok dewasa, diapers dewasa, Clodi ....
Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Madu Ibu Hamil Al Mabruroh, Aman Dan Sehat

Pada awal masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk melengkapi dan membantu ....
Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Penyangga Perut Ibu Hamil Anannda

Sabuk Penyangga Perut Ibu Hamil adalah sabuk untuk penyangga perut ibu hamil yang mempunyai fungsi untuk ....