Kesehatan Wanita

Bahaya Sabun Mandi Bagi Kesehatan Organ Kewanitaan

bahaya sabun mandi bagi organ kewanitaanOrgan intim wanita merupakan bagian terpenting bagi seorang wanita. Menjaga kebersihan dan kesehatan organ initim wanita memerlukan perhatian yang sangat ekstra bagi semua kaum wanita karena lokasinya yang cukup rumit, sulit terjangkau dan tidak terlihat. Tidak terjaganya kebersihan dan kesehatan organ intim wanita tentunya dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga berdampak pada kesehatan kewanitaan.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal buruk yang berhubungan dengan kesehatan kewanitaan, semua kaum wanita dianjurkan untuk selalu memperhatikan kebersihan organ intim wanita dengan cara menjaganya agar tetap kering, sering mengganti pakaian dalam hindari membasuh organ intim wanita dengan sabun mandi dan lain sebagainya.

Sabun Mandi dan Kesehatan Organ Intim Wanita

Daerah organ intim wanita yang lembab akibat mentruasi atau keringat tidak jarang mebuat kaum wanita ingin membasuhnya sampai bersih. Namun, bagi Anda yang suka membasuhnya dengan menggunakan sabun mandi, sebaiknya hindari atau berhati-hatilah mulai dari sekarang. Karena, beberapa penelitian menunjukan bahwa menggunakan sabun mandi tanpa memperhatikan kandungan apa saja yang ada didalamnya justru bisa membuat seorang wanita berpotensi untuk terkena infeksi bahkan menyebabkan penyakit seksual yang menular.

Hal tersebut bisa terjadi karena sabun mandi bisa merusak tingkat pH alami pada organ intim wanita. PH alami pada organ intim wanita itu sendiri berfungsi untuk menjaga kelembapan organ intim wanita sehingga dapat mencegah perkembangbiakan bakteri dan jamur. Jika pH alami pada daerah organ intim wanita tersebut terganggu maka sangat menguntungkan bagi jamur dan bakteri patogen untuk berkembangbiak.

Perkembangbiakan bakteri dan jamur itulah yang akhirnya berdampak pada masalah kesehatan kewanitaan, hingga tidak jarang menyebabkan penyakit herpes yang bisa menginfeksi organ intim wanita, menyebabkan bau tidak sedap pada organ intim wanita dan juga dapat menyebabkan masalah keputihan patologis atau berbahaya. Selain sabun mandi, ahli kesehatan juga menyarankan agar kaum wanita tidak menggunakan produk kewanitaan untuk membersihkan organ intim wanita karena bahan-bahan kimia yang terkandung didalamnya juga bisa merusak pH alami.

Alangkah baiknya jika para wanita menggunakan bahan-bahan alami dari alam untuk membersihkan organ intim wanita agar terhindar dari masalah kesehatan kewanitaan, misalnya saja dengan menggunakan daun sirih, daun kemangi dan bahan alami lainnya yang aman bagi kesehatan kewanitaan.

Jika Anda tetap memutuskan untuk menggunakan produk kewanitaan, maka gunakan untuk bagian luarnya saja, jangan sampai produk kewanitaan tersebut masuk ke bagian dalam organ intim wanita karena justru akan membuat organ intim wanita kering dan membunuh bakteri yang bik didalam organ intim wanita.

Memang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kewanitaan membutuhkan perhatian yang khusus, oleh sebab itu berhati-hatilah. Jangan sampai Anda sembarangan menggunakan produk untuk perawatan kewanitaan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.ecofriend.com/uploads/2014/09/multipurpose-soap.jpg