Bayi & Anak, Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Buah Pisang Bagi Tumbuh Kembang Bayi

buah pisangBuah pisang adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh sehingga buah ini sering disebut sebagai salah satu makanan yang sempurna. Buah pisang merupakan sumber utama elektrolit potassium yang dapat bermanfaat bagi kesehatan otot dan membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin A, kalsium, zat besi, Vitamin C, magnesium serta tembaga yang baik bagi tumbuh kembang bayi.

Buah pisang sangat cocok sebagai makanan bayi yang baru belajar makan. Mengapa? Karena tekstur buah pisang yang sangat lembut cocok untuk kondisi mulut bayi yang masih lembut juga. Rasanya yang manis pun juga cocok untuk bayi sehingga tidak membuat bayi kaget saat memakannya. Kandungan glukosa alami yang terdapat pada buah pisang berfungsi sebagai sumber energi serta kandungan pectin adalah serat alami yang baik untuk pencernaan tubuh bayi.

Manfaat buah pisang tidak hanya itu saja, buah pisang juga mengandung kalsium tinggi sehingga baik bagi tumbuh kembang bayi, pertumbuhan tulang bayi dan pertumbuhan tulang bayi. Jika bayi Anda sedang mengalami diare, buah pisang juga bisa diberikan sebagai pengganti elektrolit yang terbuang pada tubuh bayi.

Lalu bagaimana cara memilih buah pisang yang baik untuk tumbuh kembang bayi Anda?

1. Pilihlah buah pisang yang masih segar

Memilih buah pisang yang berkualitas baik adalah sebuah keharusan bagi bunda, apalagi jika buah tersebut dikonsumsi oleh bayi Anda yang baru saja memulai mengkonsumsi makanan padat. Salah satu caranya yaitu memilih buah pisang yang masih segar. Buah pisang yang masih segar pastinya memiliki kandungan nutrisi, gizi dan vitamin yang masih baik.

2. Pilih buah piang dengan rasa manis

Selain sebagai sumber energy, rasa manis yang terdapat dalam buah pisang juga dapat membuat rasa tenang dalam diri bayi Anda. Maksudnya, bayi tidak akan kaget ketika makanan masuk ke dalam mulut. Bayangkan saja jika buah hati Anda mengunyak makanan yang masam atau pahit, pastinya Anda tidak tega melihatnya.

3. Pilih buah pisang yang memiliki tekstur lembut

Penting bagi bunda untuk memilih buah pisang dengan tekstur lembut. Biasanya buah pisang yang sering diberikan sebagai makanan pertama untuk bayi adalah pisang ambon atau pisang raja. Selain teksturnya yang lembut, jenis pisang tersebut juga memiliki rasa yang manis sehingga cocok bagi tumbuh kembang bayi yang sedang belajar makan makanan pada.

Itulah beberapa manfaat buah pisang bagi tumbuh kembang bayi dan cara memilih buah pisang yang berkualitas baik. Semoga dapat bermanfaat dan jangan ragu lagi untuk memberikan bayi Anda buah pisang sebagai makanan padat pertamanya.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://himpunan.net/uploads/2013/03/pisang.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Kids 3 HDI Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Kids 3 HDI Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Kids 3 HDI merupakan tablet kunyah dengan rasa yang nikmat dan berisi formula unggul sebagai ....
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....