Kanker Serviks, Kesehatan Wanita

Mencegah Kanker Serviks Dengan IUD, Benarkah?

Mencegah kanker serviks dengan IUDKanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang mengganggu kesehatan kewanitaan dan tergolong dalam penyakit berbahaya yang banyak menyebabkan kematian pada wanita. Gangguan pada organ intim wanita ini dipastikan terjadi karena infeksi HPV. Penyebab utama seorang wanita terinveksi penyakit HPV ini adalah akibat hubungan seksual yang tidak aman.

Menggunakan KB tujuannya adalah untuk mengontrol kehamilan. Salah satu jenis KB yang paling sering menjadi pilihan para ibu adalah IUD atau Ultrauterine Device yang biasa disebut juga dengan KB spiral. Selain dapat mengontrol kehamilan, berdasarkan penelitian ternyata IUD juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan organ intim wanita yaitu efektif untuk mencegah kanker serviks hingga 50%.

Mencegah Kanker Serviks Dengan IUD

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wanita yang menggunakan IUD hanya mempunyai kemungkinan 50% terkena penyakit kanker serviks. Mengapa demikian?

  1. Penggunaan IUD tidak dapat mempengaruhi resiko infeksi HPV, namun dikaitkan dengan resiko penyakit kanker serviks yang lebih rendah secara signifikan. Terjadinya penurunan secara signifikan tersebut terjadi di kedua jenis utama penyakit kanker serviks yaitu karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma atau disebut juga dengan karsinoma adenosquamous. Pada jenis karsinoma sel skuamosa dapat terjadi penurunan resiko sebesar 44 persen. Sedangkan untuk jenis adenokarsinoma akan terjadi penurunan resiko sebesar 54 %.
  2. Durasi untuk penggunaan IUD tidak akan mengubah resiko terjadinya kanker serviks secara signifikan.
  3. Penurunan resiko kanker serviks hampir 54 % pada tahun pertama penggunaan, dan efek untuk perlindungan ini akan terus bermanfaat bahkan sampai setelah 10 tahun penggunaan.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa penggunaan IUD tidak akan mempengaruhi kemungkinan seorang wanita terinfeksi HPV. Namun, penggunaan IUD mampu mencegah kanker serviks.

BACA JUGA:  Makanan Yang Bisa Mencegah Resiko Kanker Serviks

Kemungkinan besar mengapa hal itu bisa terjadi karena IUD yang ditanam di dalam rahim dapat menyebabkan adanya respon radang yang bisa mencegah virus penyebab kanker serviks bahkan menghilangkan human papillomavirus (virus HPV) sebagai virus utama yang menyebabkan kanker serviks.

PENTING UNTUK ANDA :

Sumber gambar : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/18/Blausen_0585_IUD.png

Produk Menarik untuk Anda:

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, di racik dari perpaduan bahan-bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Suplemen wanita dewasa ini ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....