Kesehatan Wanita

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Saat Menstruasi

makanan sehat sumber zat besiSaat sedang masa menstruasi, sejumlah wanita biasanya akan merasa kelelahan sehingga malas untuk melakukan berbagai aktivitas. Belum lagi jika saat menstruasi seorang wanita merasakan nyeri pada hari pertama dan juga kedua. Hal itu terkadang bisa membuat emosi seorang wanita menjadi naik.

Sebenarnya, semua keluhan itu bisa saja tidak dialami oleh para wanita saat sedang menstruasi jika dirinya mau mengkonsumsi makanan sehat yang lebih baik pada saat haid atau menstruasi.

Makanan Sehat Saat Menstruasi

Perlu Anda ketahui juga bahwa ada beberapa jenis makanan sehat yang juga bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik dan bisa juga untuk menghilangkan stress.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda sedang menstruasi konsumsilah makanan sehat yang tepat agar Anda tetap sehat, tidak kelelahan, tidak merasakan nyeri saat menstruasi dan keluhan-keluhan lainnya di masa menstruasi. Berikut ini adalah makanan sehat yang dianjurkan saat menstruasi untuk menghindari rasa nyeri, kelelahan dan keluhan lainnya.

1. Makanan yang mengandung zat besi

Tubuh manusia membutuhkan zat besi di dalam sel darah merah untuk media transportasi oksigen, di mana jarangan pada tubuh membutuhkannya supaya bisa tetap berfungsi dengan benar sebagaimana mestinya. Tanpa adanya zat besi yang cukup dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari, maka tubuh akan mengalami kelelahan, suhu tubuh menurun dan kinerja mental yang cukup lambat.

Jika Anda mengalami periode atau masa menstruasi yang cenderung “berat”, mungkin hal itu dapat Anda jadikan sebagai salah satu tanpa bahwa tubuh Anda mengalami kekurangan zat besi. Untuk mencegah hal itu terjadi pada Anda, maka konsumsilah makanan sehat yang mempunyai kandungan zat besi tinggi seperti sereal dan berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang kedelai, kacang merah, kacang hitam, bayam, tahu dan kismis.

2. Makanan yang mengandung asam liblenic dan linoleat

Pada saat Anda sedang mengalami masa menstruasi, keluhan yang paling sering dialami oleh kaum wanita adalah terjadinya kram rahim. Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat peningkatan prostaglandin yaitu salah satu bahan kimia yang dapat meningkatkan kontraksi.

Jenis makanan yang memiliki kandungan asam liblenic dan linoleat dapat membantu memberikan relaksasi otot saat sedang menstruasi. Jenis makanan tersebut misalnya saja seperti sayur-sayuran dan juga ikan.

3. Makanan yang kandungan garamnya rendah

Apabila Anda sedang mengalami masa menstruasi, tentu saja fluktuasi hormon akan cenderung berkontribusi pada retensi air sehingga hal itu akan menyebabkan kembung. Untuk mencegah hal itu terjadi pada diri Anda, maka konsumsilah makanan yang rendah natrium pada saat menstruasi. Misalnya saja sepeti buah-buahan dan juga sayur-sayuran segar.

Dengan mengetahui berbagai macam makanan sehat yang dianjurkan pada saat menstruasi, semoga Anda bisa terhindar dari keluhan-keluhan yang biasa timbul pada saat menstruasi. Selamat mencoba dan salam sehat!

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://us.images.detik.com/content/2012/03/07/900/112328_bsbesiironfood_04.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab Merupakan Ramuan Tradisional yang terbuat dari buah manjakani yang bermanfaat mengatasi berbagai macam ....
Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu Manjakani, Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tisu manjakani di produksi khusus untuk wanita sebagai tisu kesehatan yang dapat digunakan untuk menjaga ....
Manjakani Kanza Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Kanza Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Kanza Aceh adalah obat tradisional yang terbuat dari bahan dasar manjakani yang dikenal dapat ....