Kesehatan Wanita

Mengenalkan Menstruasi Kepada Anak Sejak Dini

Kebanyakan anak merasa takut dan bingung saat mereka pertama kali mengalami menstruasi. Mengenalkan menstruasi kepada anak sejak dini akan mengurangi rasa takut yang muncul saat mereka mengalami menstruasi untuk pertama kali. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan anak kita tentang menstruasi pertama mereka.

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Lama menstruasi normal biasanya berlangsung selama   3 – 7 hari. Menstruasi pertama kali biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan akan  berlangsung hingga sekitar usia 45 – 55 tahun yang biasa kita kenal dengan menopause .

Banyak yang akan terjadi pada tubuh kita ketika kita sudah mengalami menstruasi, biasanya kita akan mengalami nyeri di beberapa bagian, seperti di bagian perut, perut terasa kembung dan perubahan bentuk payudara.

Siklus menstruasi bervariasi pada tiap wanita, ada yang  memiliki siklus 25 – 35 hari dan ada yang memiliki panjang siklus 28 hari, namun beberapa wanita memiliki siklus yang tidak teratur dan hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesuburan.

Jumlah darah yang keluar rata-rata 33.2 ± 16 cc. Pada wanita yang lebih tua biasanya darah yang keluar lebih banyak. Wanita dengan anemia defisiensi besi jumlah darah menstruasinya juga lebih banyak.

sumber gambar: http://menstrualhygieneday.org/wp-content/uploads/2017/03/3-2759-7-1490353238.pdf

BACA JUGA:  Uncaria Gambir untuk Merawat Organ Kewanitaan