Kesehatan, Kesehatan Wanita

Ciri Menstruasi Tidak Normal Yang Perlu Di Cermati

Menstruasi dialamai oleh setiap wanita.Siklus menstruasi akan terjadi setiap bulanya. Namun, beberapa di antaranya mengalami siklus menstruasi yang tidak normal. Jika tanda-tanda menstruasi tidak normal tersebut dibiarkan, maka bisa mengarah pada penyakit yang serius.

Berikut ini beberapa ciri menstruasi yang tidak normal:

1.Menstruasi terlalu jarang

Pada siklus menstruasi yang normal setidaknya terjadi setiap 21-30 hari sekali. Namun menstruasi yang tidak normal jumlahnya bisa sangat sering maupun sangat jarang. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi anak remaja yang baru menstruasi karena beberapa anak remaja kadang masih memiliki jadwal menstruasi yang kurang rutin. Hal itu disebabkan oleh belum stabilnya siklus hormonal anak remaja..

2. Darah menstruasi terlalu banyak

Volume darah menstruasi normal biasanya hanya sekitar 40cc atau sekitar tiga sendok makan dalam sehari.Namun jika kita mengganti pembalut terlalu sering karena penuh,bahkan setiap satu jam sekali itu berarti volum darah haid kita termasuk banyak.

3. Warna darah menstruasi

Warna darah menstruasi sebenarnya bervariasi bergantung pada fase yang dilalui. Pada awal menstruasi, darah berwarna merah dan akan menjadi kecoklatan menuju berakhirnya fase menstruasi. Namun, hal yang perlu dikhawatirkan adalah jika warna darah cenderung ekstrim. “Misalnya darah menjadi merah campur kehitaman, atau pucat sekali juga bisa karena anemia.

4. Rasa sakit saat menstruasi

Setiap kali menstruasi kebanyakan wanita akan mengalami sakit. Sebenarnya sakit itu faktor hormonal, tidak semua mengalami sakit saat menstruasi. Menstruasi yang tidak disertai rasa sakit tak perlu dikhawatirkan karenahal tersebut cenderung normal. Namun, jika rasa sakit berlebihan saat menstruasi tak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi jika rasa sakit membuat kita bahkan tak bisa bergerak, maka perlu diperiksakan ke dokter.

BACA JUGA:  Mengatasi Wasir Pada Saat Kehamilan

 

Produk Menarik untuk Anda:

Bikin Harimu Jadi Lebih Nyaman Dengan Pantyliner Kain Jelita

Bikin Harimu Jadi Lebih Nyaman Dengan Pantyliner Kain Jelita

Aktivitas keseharian yang padat, ditambah iklim tropis di Indonesia yang panas dan juga lembab merupakan ....
Popok Dewasa / Popok Lansia Kain Cuci Ulang Jelita-V Ukuran XXL

Popok Dewasa / Popok Lansia Kain Cuci Ulang Jelita-V Ukuran XXL

Popok Dewasa Kain Cuci Ulang  Jelita-V atau bisa disebut juga Popok lansia, diapers dewasa, Clodi ....
Zat Klorin Terdapat Dalam Pembalut, YLKI Rekomendasikan Penggunaan Pembalut Kain

Zat Klorin Terdapat Dalam Pembalut, YLKI Rekomendasikan Penggunaan Pembalut Kain

— Zat Klorin Terdapat Dalam Pembalut, YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Rekomendasikan Penggunaan Pembalut Kain ....