Bayi & Anak

Jangan Terlambat Stimulasi Kecerdasan Balita Anda

Share Yuk!

Jangan terlambat stimulasi kecerdasan balita AndaPada masa balita, pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi sangat cepat. Masa seperti ini tidak akan terulang lagi pada kehidupan selanjutnya. Karena itu perhatian yang diberikan pada masa balita sangat  menentukan kualitas kehidupan manusia dimasa depan.
Pertumbuhan anak, yang bekaitan dengan segi jasmani ini, didukung oleh pemberian makanan bergizi bagi anak. Proses ini dipantau dengan menimbang berat badan anak secara teratur setiap bulan. dengan demikian bila terjadi kelambatan dalam pertumbuhan anak, kelambatan tersebut dapat segera diketahui dan dicarikan upaya untuk mengatasinya. Demikian pula perkembangan anak, yang berkaitan dengan kecerdasan, perasaan, dan pergaulan. Perkembangan anak perlu perlu selaras dengan pertumbuhan jasmani. Proses ini didukung oleh pengasuhan anak yang baik, termasuk perangsangan (stimulasi) perkembangan. Perkembangan anak juga perlu dipantau agar kelambatannya dapat segera diketahui dan dicarikan  upaya untuk mengatasinya.
Pertumbuhan dan perkembangan anak tidak dapat dilepaskan dari lingkungan keluarga, sikap orangtua, faktor keturunan, serta penyakit yang diderita pada masa kecil.  Faktor-faktor tersebut perlu dijaga sedemikian rupa agar tidak menghambat kemajuan anak. Dalam lingkungan dan suasana yang mendukung, pertumbuhan dan perkembangan anak akan dapat berlangsung dengan  baik.
Pemantauan perkembangan anak dilakukan untuk mengikuti perkembangan anak. Tujuanya agar orangtua dapat segera mengetahui bila terjadi kelambatan perkembangan pada anaknya. Penemuan dini ini penting, agar tindakan untuk mengejar kelambatan perkembangan dapat segera dilakukan. Kelambatan perkembangan yang dibiarkan terlalu lama dapat menjadi kelainan atau kecacatan yang sulit diperbaiki dikemudian hari.

Sumber Gambar : https://turtledaycare.files.wordpress.com/2013/11/bayi-bermain.jpg

Share Yuk!
BACA JUGA:  Manfaat Bermain Bola untuk Anak