Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

penyakit kuning pada bayiKehadiran sang buah hati ke dunia bagi sebuah pasangan suami istri  merupakan suatu kebahagiaan yang tidak terhingga. Namun kebahagiaan itu tentu saja akan berubah menjadi sebuah kecemasan jika pasangan tersebut mendapati buah hati mereka mengalami sesuatu hal yang biasa terjadi pada bayi normal lainnya. Salah satu hal yang biasa membuat orang tua cemas adalah kondisi bayi yang mengalami penyakit kuning.

Penyakit kuning sebenarnya lumrah terjadi pada bayi baru lahir, namun karena kurangnya pengetahuan orang tua tentang penyakit kuning pada bayi ini bisa menjadi kecemasan yang berlebih pada orang tua. Meskipun tergolong sebagai kondisi yang umum terjadi, namun penyakit kuning yang bersifat patologis yaitu penyakit kuning yang terjadi dalam waktu yang lama maka harus segera diatasi karena penyakit kuning yang bersifat patologis bisa membahayakan otak bayi.

Penyebab penyakit kuning pada bayi

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir, maka berikut ini dapat Anda simak selengkapnya.

1. Penyakit kuning yang disebabkan oleh akumulasi bilirubin berlebihan

Penyakit kuning secara fisiologis disebabkan oleh kumulasi bilirubin yang berlebihan di dalam darah. Bayi baru lahir yang baru lahir yang mengidap penyakit kuning secara normal adalah hal yang wajar. Bilirubin adalah sisa produk sampingan pada saat sel darah merah mengalami pecah. Selanjutnya bilirubin tersebut diproses oleh hati dan kemudian diekresi ke saluran usus.

Secara fisiologis, penyakit kuning ini bisa dialami oleh bayi baru lahir karena pada organ hati belum matang untuk dapat bersaing dengan pengolahan bilirubin. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan pembentukan warna merah di dalam darah bayi tidak bisa berlangsung dengan sempurna. Dengan begitu, kulit bayi mata bayi biasanya akan berwarna kekuningan. Sehingga dilihat penampilannya, bayi baru lahir yang terkena penyakit kuning akan sangat berbeda dengan bayi baru lahir yang normal.

2. Penyakit kuning yang disebabkan darah ibu dan bayi tidak cocok

Selain karena bilirubin yang berlebihan, penyakit kuning pada bayi baru lahir juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti golongan darah sang ibu dengan bayi yang baru dilahirkan tidak cocok. Jika bayi yang terlahir mempunyai jenis darah yang berlainan dengan ibunya, maka bisa jadi pembentukan antibody dalam darah seorang ibu justru akan melakukan sebuah perlawanan pada darah sang bayi. Kondisi yang seperti ini bisa menyebabkan sel darah merah yang terdapat pada bayi bisa memicu penyakit kuning pada bayi baru lahir.

3. Penyakit kuning yang disebabkan oleh kerusakan hati dan infeksi darah

Penyebab lain dari penyakit kuning yang menyerang bayi baru lahir adalah kerusakan hati, gangguan pencernaan, memar yang dialami oleh tubuh pada saat proses persalinan atau bisa juga karena infeksi darah. Penanganan untuk penyakit kuning pada bayi baru lahir ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan penyinaran di ruangan khusus. Secara tradisional, penyakit kuning pada bayi baru lahir ini juga bisa dilakukan dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 pagi hingga jam 8 pagi. Bayi dapat dijemur selama kurang lebih 15 menit dan dapat dilakukan selama warna kekuningan tersebut hilang dari tubuh sang bayi.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://buahhati.co.id/uploads/2014/09/Ketahui-Penyakit-Kuning-Pada-Bayi.jpg

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....
Rp 50.000 Beli

Komentar