Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Posisi Yang Benar Saat Ibu Menyusui

posisi menyusuiMenyusui merupakan salah satu hal yang paling alamiah dimana seorang ibu memberikan nutrisi kepada buah hatinya yang masih bayi. Meskipun demikian, menyusui tidak semudah apa yang kita lihat dan memerlukan latihan terutama bagi para ibu muda yang baru pertama kali melahirkan seorang anak. Untuk belajar bagaimana cara memegang dan menyangga bayi, seorang ibu menyusui harus berada pada posisi yang nyaman, membutuhkan waktu, koordinasi serta kesabaran.

Ada beberapa posisi yang tepat bagi ibu menyusui yang bisa dicoba, masing-masing tentu saja mempunyai kelebihannya masing-masing dan bisa dicoba sesuai dengan keadaan bayi dan juga Anda.  Berikut ini adalah beberapa jenis posisi yang benar saat ibu menyusui yang tentunya bisa memberikan kenyamanan bagi ibu menyusui dan juga bayi.

1. The cradle (Posisi Mendekap)

Posisi mendekap adalah posisi yang sangat baik bagi bayi yang baru saja lahir. Caranya, pastikan punggung ibu benar-benar mendukung posisi ini dan jaga bayi di bagian perut Anda hingga kulit bayi bersentuhan dengan kulit Anda. Biarkan tubuh bayi menghadap kea rah Anda kemudian letakkan kepalanya pada siku Anda.

2. The cross cradle hold (Posisi Mendekap Silang)

Posisi ini adalah dimana satu lengan mendukung tubuh bayi dan yang lainnya mendukung kepala. Posisi ini hampir mirip dengan posisi dudukan, akan tetapi Anda akan memiliki kontrol yang lebih besar untuk kepala bayi. Posisi ibu menyusui ini bagus bagi bayi lahir prematur atau ibu menyusui dengan puting payudara yang kecil.

3. The football hold (Posisi Pencengkram/ Sepakbola)

Untuk posisi menyusui yang satu ini caranya adalah bayi berada di samping Anda dengan kaki bayi berada di belakang Anda dan posisi bayi terselip di bawah lengan Anda. Posisi ini seolah-olah Anda sedang memegang bola kaki. Posisi menyusui seperti ini sangat baik bagi ibu menyusui yang melahirkan dengan cara operasi caesar atau bagi ibu menyusui yang memiliki payudara besar. Pada posisi ini, ibu menyusui membutuhkan bantal untuk membantu menopang bayi.

4. Saddle hold (Posisi Duduk)

Posisi ibu menyusui ini merupakan cara yang menyenangkan dimana ibu menyusui dalam keadaan duduk. Posisi ini juga sangat baik jika bayi Anda sedang mengalami pilek atau sakit telinga. Caranya, bayi Anda duduk pada posisi tegak dan kaki mengangkangi Anda sendiri.

5. The lying position (Posisi Berbaring)

Menyusui dengan posisi berbaring akan memberikan Anda lebih banyak kesempatan untuk bersantai sambil menyusui dan juga tidur lebih banyak pada malam hari. Karena dengan posisi seperti ini, ibu menyusui masih bisa tetap tidur saat bayi sedang menyusu. Dukung punggung dan juga kepala bayi dengan bantal. Pastikan perut bayi menyentuh tubuh Anda.

Semoga informasi mengenai posisi yang benar saat ibu menyusui tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi para ibu yang sedang menjalani masa menyusui. Selamat mencoba.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-nR7L9YFLwC8/TzyPROZK0PI/AAAAAAAADNg/1qp9PJMeejQ/s1600/cara+menyusui+yang+benar.gif

Produk Menarik untuk Anda:

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu For Mama, Membantu Ibu Menyusui Melancarkan ASI

Madu for mama adalah madu alami yang dikombinasi dengan tanaman herbal berkhasiat seperti buah kurma, ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....