Kesehatan Wanita, Perawatan Payudara

Penyebab Dan Cara Mengatasi Payudara Gatal

Share Yuk!

Salah satu permasalahan yang sering dialami kaum wanita adalah payudara gatal, hal itu merupakan hal yang umum dialami oleh seorang wanita apalagi bagi mereka yang tidak merawatnya. Masalah payudara gatal juga sering dialami mereka yang kurang memperhatikan kebersihan payudara bahkan tidak merawat payudara sama sekali. Namun, payudara gatal mungkin saja terkait dengan perubahan hormonal selama masa kehamilan atau menstruasi.

Ada baiknya payudara gatal tidak digaruk, hal itu untuk menghindari bekas garukan yang susah hilang. Tetapi ketahuilah bahwa ada beberapa cara terbaik yang dapat mengatasi payudara gatal.

Penyebab Payudara Gatal

Kenapa payudara bisa gatal? Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin menjadi penyebab payudara gatal

  1. Gatal karena iritasi yang dapat disebabkan karena pakaian dalam. Misalnya saja bra berenda, bra pengap maupun bekas bra yang mengecap pada payudara karena bra yang terlalu kencang.
  2. Gatal karena iritasi yang disebabkan oleh keringat dan kelembaban lainnya. Misalnya saja karena biang keringat atau penggunaan lotion yang lengket dan tidak cocok dikulit atau bisa juga karena kuman dari infeksi.
  3. Gatal yang disebabkan karena kulit kering. Biasanya rasa gatal yang disebabkan karena kulit kering ini terjadi di area puncak payudara atau dekat dengan puting payudara. Kulit kering tersebut bisa karena cuaca atau penggunaan bedak anti gatal.

Cara Mengatasi Payudara Gatal

Nah, jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebab payudara gatal, sekarang bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah beberapa caranya :

  1. Hindari penggunaan bra berenda, bedak dan bra yang terlalu ketat yang bisa memicu gatal pada payudara. Untuk memilih bra yang baik, Anda bisa melihat tipsnya di sini.
  2. Rajin-rajinlah merawat payudara dan menjaga kebersihannya.
  3. Pada malam hari, usahakan untuk melepas bra pada saat tidur agar payudara Anda bisa relaks sejenak dan sirkulasi udara pun tidak terganggu.
  4. Jika rasa gatal sudah timbul, gunakan bagian punggung tangan untuk menggosok dengan lembut. Cara menggaruk ini akan lebih aman dan nyaman serta tidak menyebabkan luka.
  5. Gunakan salep penghilang rasa gatal yang khusus untuk payudara, namun sebaiknya sesuai dengan anjuran dokter. Karena tidak sembarangaan salep gatal aman digunakan untuk payudara.
BACA JUGA:  Merawat Payudara Dengan Melepas Bra Saat Tidur

Payudara adalah salah satu organ penting bagi setiap wanita, karena itu rawat dan jagalah kesehatan payudara. Organ penting tersebut adalah masa depan setiap wanita yang biasa digunakan untuk menyusui anak.

sumber gambar : http://www.taktemp.com/uploads/2010/01/golabi.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream, Cara Aman Mengencangkan Payudara

ORIS Breast Cream adalah produk pengencang payudara yang membuatnya tampak lebih besar. Terbuat dari Ekstrak umbi ....
Cream Dara,Mengencangkan Payudara dan Memperbesar Payudara

Cream Dara,Mengencangkan Payudara dan Memperbesar Payudara

Cream dara adalah salah satu cream yang bermanfaat untuk memperbesar payudara dan mengencangkan payudara. Mempunyai ....
Cream Amore Obat Luar Untuk Penyembuhan Kanker Payudara dan Jerawat

Cream Amore Obat Luar Untuk Penyembuhan Kanker Payudara dan Jerawat

Cream amore merupakan obat luar yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti jerawat, keloid dan ....