Kanker Payudara, Kesehatan Wanita

Mengenal Stadium I-IV Pada Penyakit Kanker Payudara

stadium penyakit kanker payudaraPenyakit kanker payudara bisa diketahui secara pasti melalui tindakan biopsi atau pengambilan sampel jaringan sel payudara yang terdapat benjolan. Cara ini berfungsi untuk mengetahui jenis pertumbuhan sel yang dialami. Apakah pertumbuhan sel tersebut bersifat tumor jinak maupun tumor ganas yang disebut kanker.

Penentuan Stadium Kanker Payudara

Sebelum melakukan pengobatan pada penderita penyakit kanker payudara, biasanya dokter akan mempertimbangkan dari berbagai faktor, salah satunya adalah stadium kanker. Stadium dalam kanker perlu dikatahui untuk menggambarkan kondisi kanker itu sendiri seperti letaknya, sampai dimana penyebarannya dan sejauh mana pengaruhnya bagi organ tubuh yang lain. Dan untuk mengetahuinya dokter akan melakukan beberapa test.

Dengan mengetahui stadium kanker payudara, hal itu menjadi salah satu cara yang bisa membantu dokter untuk menentukan pengobatan apa yang paling tepat bagi pasien. Berikut adalah stadium dan juga kondisi yang terjadi pada penyakit kanker payudara.

Stadium 0

Sel-sel kanker posisinya masih berada di dalam saluran payudara, belum menginvasi ke dalam payudara normal yang jaraknya berdekatan.

Stadium I

Ukuran kanker payudara kira-kira sebesar 2 cm ataupun kurang dan hanya terbatas pada payudara saja, belum sampai pada kelenjar getah bening.

Stadium IIA

  • Tidak ditemukan tumor pada bagian payudara, akan tetapi sel-sel kanker ditemukan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di bawah lengan, atau
  • Ukuran tumor kira-kira sebesar 2 cm atau kurang dan telah menyebar pada kelenjar getah bening aksila, atau
  • Tumor sudah berukuran besar lebih dari 2 cm, namun tidak lebih dari 5 cm dan belum menyebar pada kelenjar getah bening aksila.

Stadium II B

  • Ukuran tumor sudah lebih dari 2 cm namun tidak lebih dari 5 cm, dan sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening aksila, atau
  • Ukuran tumor sudah lebih dari 5 cm, namun belum menyebar pada kelenjar getah bening aksila.
BACA JUGA:  Olahraga Terbaik Setelah Pengobatan Kanker Payudara

Stadium IIIA

  • Tumor tidak ditemukan di payudara melainkan pada kelenjar getah bening yang melekat bersama atau pada struktur yang lain, bisa juga kanker terdapat paa kelenjar getah bening dekat dada, atau
  • Tumor ditemukan dengan berbagai ukuran dan kanker juga telah menyebar ke getah bening aksila dimana keduanya saling melekat pada struktur lain, atau bisa juga kanker ditemukan di kelenjar getah bening dekat dengan tulang dada.

Stadium IIIB

  • Tumor ditemukan dengan berbagai ukuran dan sudah menyebar ke dinding dada atau kulit payudara, atau
  • Kanker payudara sudah menyebar ke kelenjar getah bening aksila yang mengelompok secara bersama, melekat pada struktur lain, atau kanker telah menyebar pada kelenjar getah bening dekat yang dekat dengan dada.
  • Kanker payudara telah mengalami inflamasi, paling tidak telah masuk pada stadium IIIB.

Stadium IIIC

  • Bisa jadi tidak ditemukan penyakit kanker di payudara, akan tetapi tumor sudah ditemukan dengan berbagai ukuran dan menyebar pada dinding dada dan kulit payudara.
  • Kanker payudara sudah menyebar ke kelenjar getah bening baik di bagian atas atau bawah tulang selangka.
  • Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening aksila maupun ke kelenjar getah bening dekat dengan tulang dada.

Stadium IV

Kanker payudara sudah menyebar atau bermetastase hingga ke bagian tubuh yang lainnya.

Bagi Anda yang merasakan keganjalan pada kesehatan payudara Anda, segeralah melakukan pemeriksaan karena kita ketahui bersama bahwa mencegah akan lebih baik dari mengobati. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para pembaca khususnya kaum wanita.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com/--3zjMQuE3Jg/UfVbc_dPnwI/AAAAAAAAEtc/Usrdk9VJ9hE/s1600/Breast-Cancer+(1).jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Membesarkan Payudara dengan Hoshi Breast Cream

Membesarkan Payudara dengan Hoshi Breast Cream

Hoshi cream adalah cream pembesar payudara yang sudah lulus uji BPOM yang aman digunakan. Cream ....
Cream Amore Obat Luar Untuk Penyembuhan Kanker Payudara dan Jerawat

Cream Amore Obat Luar Untuk Penyembuhan Kanker Payudara dan Jerawat

Cream amore merupakan obat luar yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti jerawat, keloid dan ....