Kesehatan

Obat Tradisional Untuk Atasi Sakit Gigi

Share Yuk!

sakit gigiSakit gigi adalah salah satu penyakit yang meskipun terbilang sepele namun rasanya sangat menyakitkan dan mengganggu. Biasanya   sakit gigi terjadi karena orang tersebut kurang rajin menjaga kebersihan giginya, sehingga menyebabkan munculnya karies gigi, ataupun gigi berlubang. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena sisa makanan yang tertinggal pada gigi akan berubah menjadi asam dan jika bercampur dengan kuman akan menyebabkan gigi berlubang. Tak hanya itu saja, kebiasaan makan yang salah juga dapat menyebabkan sakit gigi atau nyeri pada gigi.Untuk mengatasi penyakit tersebut, tentunya Anda tidak harus selalu melibatkan bahan kimia. Sebab, Anda bisa juga menggunakan obat tradisional yang alami dan ampuh untuk mengobati gigi berlubang, gusi bengkak, gigi ngilu, dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang sedang mengalami sakit gigi, bisa mencoba memanfaatkan ramuan tradisional yang mudah dijumpai di sekitar Anda untuk menghilangkan rasa nyeri yang cukup mengganggu rutinitas kerja Anda.

Lalu, obat tradisional apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi sakit gigi? Berikut adalah obat tradisional untuk atasi sakit gigi yang bisa Anda coba dari rumah.

1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan minyak yang berfungsi sebagai antiseptik yang bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang berlubang dengan menggunakan kapas.

2. Bawang putih

Bawang putih kaya akan antiseptik alami. Caranya yaitu, ambil satu siung bawang putih, tumbuk halus dengan sedikit garam, kemudian tempelkan pada gigi atau gusi yang sakit.

3. Bawang merah

Kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut. Dengan menggunakan bawang merah bisa mengatasi sakit gigi sekaligus membasmi kuman. Tidak jauh berbeda bawang putih, bawang merah pun mempunyai khasiat serupa. Caranya yaitu, siapkan satu siung bawang merah untuk dihaluskan selanjutnya tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

BACA JUGA:  Obat Tradisional Untuk Batuk Berdahak Pada Anak

4. Alpukat

Biji alpukat juga bisa digunakan untuk sakit gigi. Caranya, siapkan biji alpukat untuk ditumbuk hingga halus kemudian taburkan pada area yang sakit.

5. Cabe hijau

Cabe hijau selain sedap untuk tumisan di dapur juga bisa dimanfaatkan untuk masalah sakit gigi. Caranya, ambil cabai hijau kemudian panaskan ujung cabe pada api. Selanjutnya ketika sudah agak panas, potonglah ujung tersebut dan tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Bunga Matahari

Bunga matahari selain untuk kuwaci bisa juga untuk mengatasi sakit gigi. Caranya, siapkan 60 g bunga matahari, 5 g jahe, juga 600 cc air putih. Selanjutnya seluruh bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya saja. Saring hasil rebusan tersebut, kemudian minum selagi hangat. Lakukan sehari 2 kali hingga setiap hari hingga gigi sudah tidak sakit lagi.

7. Daun Inggu

Daun tanaman ini sudah sejak lama dikenal sebagai obat sakit gigi. Caranya cukup mudah, siapkan daun inggu kering sebanyak 2-5 g. Kemudian rebus daun inggu kering dengan 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan dingin, kemudian saring air tersebut untuk dijadikan sebagai obat kumur.

8. Getah Pohon Jarak

Getah pohon jarak dapat mengobati sakit gigi karena mengandung zat yang dapat melumpuhkan bakteri. Caranya, ambil setangkai daun jarak, maka akan keluar getah pada tangkai yang telah Anda petik. Gunakan getah tersebut pada gigi yang sakit dengan cara dioles.

9. Daun Kayu Putih

Cara pengobatannya dengan merebus daun kayu putih dalam 3 gelas air sampai tersisa satu gelas air saja. Setelah dingin airnya digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan 2 kali sehari, tiap pagi dan sore sampai sakit gigi sembuh.

10. Buah Belimbing Wuluh

Cara pengobatannya, belimbing wuluh dicuci bersih kemudian dikunyah bersama garam tepat di gigi yang berlubang.

BACA JUGA:  Sarang Semut, Obat Tradisional Untuk Penyembuhan Penyakit

11. Garam

Cara ini merupakan cara paling mudah dan paling sering digunakan, caranya dengan melarutkan garam ke dalam air hangat, lalu kumur-kumur dengan air garam tersebut. Sekedar informasi, garam dapat mengobati sakit gigi karena mengandung yodium dan bersifat basa yang dapat mematikan bakteri-bakteri dalam mulut.

12. Jeruk Nipis

Peras 1/4 jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit garam, lalu oleskan pada gigi berlubang maupun gigi sakit.

13. Tepung lada

hersagiGunakan sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.

Semoga beberapa cara pengobatan yang kami bagi bisa mengatasi sakit gigi yang sedang Anda alami, atau Anda bisa juga menggunakan obat herbal sakit gigi yang belakangan ini banyak beredar di pasaran seperti misalnya Hersagi dan OsaGi. Jika cara-cara diatas tidak ampuh bagi Anda, segera periksakan ke dokter gigi, biasanya dokter akan mengatasi rasa sakit gigi Anda langsung ke sasarannya dengan menambal gigi berlubang atau akan mencabut gigi yang telah rusak.

Sumber gambar :
1. http://i.mobavatar.com/flirtomatic/cenat-cenut-sakit-gigi.jpg
2. https://pondokibu.com/uploads/2013/04/Hersagi-2-320x240.jpg
Share Yuk!