Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Mencegah Sakit Gigi Pada Anak

Share Yuk!

sakit gigi pada anakSalah satu ciri kesehatan anak bisa dilihat dari kesehatan gigi yang baik. Sakit gigi pada anak-anak dapat mengakibatkan terganggunya proses pertumbuhan giginya. Sakit gigi pada anak biasanya terjadi karena rusaknya jaringan gigi (karies gigi) yang biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya saja seperti kebiasaan anak yang senang mengkonsumsi makanan dengan  kandungan sukrosa atau gula cukup tinggi.

Sebenarnya, air liur dalam mulut kita mengandung enzim-enzim pertahanan tubuh yang dapat mengembalikan mineral yang larut ke dalam email gigi. Namun jika sukrosa yang menempel pada gigi terjadi secara terus menerus, air liur tidak mampu mengembalikan keadaan gigi menjadi normal kembali.  Disinilah mulai terjadinya lubang gigi pada bagian email dan dapat berlanjut menjadi lubang gigi yang lebih dalam.

Disamping karena rusaknya jaringan gigi, sakit gigi pada anak dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Antara lain sebagai berikut :

  • Email atau jaringan gigi yang rapuh
  • Iritasi akar gigi
  • Sindrom gigi retak
  • Noda yang terdapat pada gigi
  • Panas dalam atau sariawan
  • Penyakit rahang (gingivitis)

Agar anak Anda tidak mudah terkena sakit gigi, berikut kami informasikan cara mencegah sakit gigi pada anak:

  1. Memperhatikan makanan manis yang dikonsumsi anak. Kandungan gula dalam makanan adalah penyebab pembusukan gigi, jadi Anda harus mengawasi dan mengurangi jumlah makanan yang manis seperti permen, dan snack manisan.
  2. Setelah makan yang manis diusahakan mengakhirinya dengan air putih, agar tidak terjadi karies gigi.
  3. Mengajarkan anak untuk disiplin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Jika gigi anak sudah tumbuh 8 gigi, mulailah mengajarkan untuk menggosok gigi. Jika anak belum bisa berkumur, maka gunakanlah gosok gigi dengan menggunakan sarung tangan atau sikat gigi telunjuk.
BACA JUGA:  Cara Mencegah Sakit Gigi Saat Hamil

osagiAnak yang mengalami sakit gigi akan mengalami perubahan sikap dan tingkah laku, seperti anak yang selalu ceria tampak lebih murung dan rewel bahkan sering dan mudah menangis karna rasa sakit yang timbul dari giginya.

Yang perlu Anda ingat, jangan memberikan minuman yang terlalu dingin atau panas karena akan memperparah sakit gigi anak. Dan jangan pula memberikan makanan yang manis pada anak karena kandungan gula pada makanan yang manis akan menambah rasa nyeri pada gigi. Setelah sakit gigi pada anak Anda reda, sebaiknya Anda segera memeriksakan kesehatan gigi anak Anda ke dokter gigi secara rutin agar kesehatan gigi anak terjaga. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengobati sakit gigi pada anak dengan obat alami, salah satunya dengan OsaGi obat sakit gigi yang aman untuk anak-anak dan dewasa. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-432Id3edQis/URLj2WwmeFI/AAAAAAAAAEo/2Kcz9jGgO0w/s1600/image001.jpg
Share Yuk!