Bayi & Anak, Kesehatan

Pola Buang Air Kecil Pada Bayi Baru Lahir

Share Yuk!

buang air kecil pada bayi baru lahirSetiap ibu sangat diwajibkan untuk mengetahui segala bentuk kegiatan yang dilakukan setiap harinya oleh bayi mereka. Tanpa terkecuali mengenai pola buang air kecil pada bayi baru lahir hingga usia tertentu. Hal ini sangat penting untuk diketahui sehingga ibu dapat melakukan perawatan bayi baru lahir dengan baik sekaligus menghindari terjadinya iritasi yang berpengaruh pada kesehatan bayi.

Mengenali pola buang air kecil yang terjadi pada bayi baru lahir tidaklah mudah, karena setiap bayi yang satu dengan lainnya pola buang air kecilnya berbeda-beda. Pola buang air kecil pada bayi baru lahir dipengaruhi oleh seberapa banyak bayi tersebut mengkonsumsi air susu ibu (ASI) atau susu formula. Biasanya kegiatan buang air kecil pada bayi dilakukan sebanyak 5 kali dalam sehari atau bahkan hingga 10 kali. Lalu, bagaimana cara ibu bisa mengetahui pola buang air kecil untuk bayi baru lahir agar bayi tidak terkena iritasi kulit dan ibu melakukan perawatan bayi dengan tepat?

Mengenal Pola Buang Air Kecil Pada Bayi Baru Lahir

Untuk bayi baru lahir hingga mereka berusia 6 bulan ibu tidak dapat mengatur pola buang air kecil si bayi, namun setidaknya ibu dapat mengetahui jadwal buang air kecil pada bayi baru lahir dengan membuat sebuah catatan kecil. Selain itu ibu juga bisa mencatat kebiasaan-kebiasaan lain yang sering dilakukan oleh bayi. Dengan rutin mencatat pola kegiatan si bayi, maka ibu akan dapat memperkirakan pola bahkan bisa mengatur pola buang air kecil pada bayi dan sekaligus ibu bisa menghemat popok setiap harinya.

Bayi baru lahir hingga bayi berusia 3 bulan setiap satu jam kemungkinan akan sering melakukan buang air kecil dibandingkan dengan bayi yang telah berusia diatas 3 bulan. Bersamaan dengan semakin bertambahnya usia bayi, maka waktu buang air kecilnya juga akan semakin bertambah hingga 2-3 jam. Yang perlu ibu waspadai adalah jika bayi Anda mengalami hal-hal seperti berikut ini.

BACA JUGA:  Kemuning Herba Alami untuk Menurunkan Berat Badan
  1. Dalam jangka waktu 24 jam, buang air kecil si bayi tidak lebih dari 3 kali atau bahkan kurang dari 3 kali.
  2. Warna dari urine bayi menjadi lebih pucat.
  3. Pada urine bayi terlihat ada darah.
  4. Setiap buang air kecil si bayi akan tampak seperti kesakitan.

Semoga informasi mengenai pola buang air kecil pada bayi baru lahir tersebut bisa bermanfaat bagi para bunda. Segera hubungi dokter jika dalam waktu satu hari kurang dari 4 kali.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://img.3a2ilati.com/55E0gB7IfRBqFujOjeTbtbYPmlw=/640x480/smart/http://harmony-assets-live.s3.amazonaws.com/image_source/41/4d/414d1e167bd2211431aa47f59771096f938d5a44.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee Latex Newborn Pillow, Bantal Bayi Anti Peyang

Babybee latex newborn pillow merupakan bantal bayi anti peyang yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi ....
Propolis Nado Anti Biotik Herbal Cocok Untuk Bayi Dan Anak-Anak

Propolis Nado Anti Biotik Herbal Cocok Untuk Bayi Dan Anak-Anak

Madu Propolis Nado adalah antibiotik herbal. Propolis Nado diekstrak dengan madu sehingga dijamin halal. Propolis Nado telah ....