Bayi & Anak, Kesehatan

Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Bayi Baru Lahir

Share Yuk!

masalah kesehatan pada bayiBanyak hal yang dapat dialami oleh bayi baru lahir, namun memiliki seorang bayi adalah hal yang sangat menyenangkan dan juga menegangkan terutama bagi para ibu yang baru pertama kalinya melahirkan anak pertama. Perasaan takut atau pun khawatir karena tidak dapat mengurus buah hatinya merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh para ibu-ibu muda, terlebih lagi jika mereka tidak didampingi oleh keluarga lainnya.

Masalah Kesehatan Pada Bayi Baru Lahir

Berbagai masalah tanpa terkecuali masalah kesehatan sering dijumpai pada bayi baru lahir. Jika seorang ibu tidak tahu banyak mengenai masalah kesehatan bayi, maka sangat tidak disarankan pada ibu untuk memberikan penanganan pada bayi sendirian. Sebaiknya ibu menanyakan pada orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini, misalnya saja bidan, dokter atau petugas kesehatan lainnya. Hal itu mengingat bayi baru lahir sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai macam penyakit, sehingga jika bayi baru lahir tersebut tidak mendapatkan penanganan yang tepat justru dapat membahayakan kesehatan bayi itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang sering dijumpai oleh bayi baru lahir. Meskipun hal ini wajar terjadi pada bayi baru lahir, namun ibu perlu tahu bagaimana cara menanganinya agar tidak terjadi kepanikan yang berlebihan.

1. Mata bayi sulit dibuka

Kebanyakan bayi baru lahir akan mengalami kesulitan dalam membuka mata. Bahkan, pada mata bayi baru lahir akan sering terlihat kotoran kental yang berwarna kekuningan keluar dari mata. Hal tersebut disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata. Membersihkan mata bayi dengan cara hati-hati bisa membantu bayi untuk membuka mata lebar.

Namun, perlu ibu ingat bahwa untuk membersihkan mata bayi sebaiknya menggunakan kapas steril yang telah direndam dalam air mendidih yang dihangatkan untuk menghindari terjadinya infeksi. Perlu ibu ingat juga, janganlah pernah mencampur kapas untuk mata dengan kapas pembersih kotoran bayi.

BACA JUGA:  Memetik Manfaat Daun Kemangi

2. Penyakit kuning atau kulit bayi kuning

Penyakit kuning pada bayi baru lahir biasanya disebabkan karena terlalu banyak bilirubin dalam darah. Bilirubin merupakan pigmen kuning yang dihasilkan karena terjadinya pemecahan hemoglobin (Hb) dalam liver atau hati. Masalah itulah yang menyebabkan bayi baru lahir menguning pada bagian kulit dan juga mata.

Kondisi seperti ini merupakan masalah kesehatan yang sering dialami hampir 80% oleh bayi baru lahir dalam minggu pertama usianya. Biasanya kulit dan matabayi akan menguning tampak jelas pada hari ketiga atau keempat kemudian mulai reda pada hari ketujuh atau kesepuluh.

Penyakit kuning pada bayi bari lahir tidaklah berbahaya. Untuk menangani masalah kesehatan bayi yang satu ini, ibu hanya perlu menjemur bayi di bawah teriknya sinar matahari di pagi hari. Paparan sinar matahari di pagi hari dan memberikannya ASI terus menerus bisa menjadi salah satu langkah pengobatan sederhana yang dapat membantu ekskresi bilirubin melalui urin. Namun jika tingkat bilirubin sudah tinggi, mungkin bayi membutuhkan pengobatan khusus misalnya dengan foto terapi.

3. Infeksi Tali Pusat

Saat bayi masih berada di dalam rahim seorang ibu, tali pusat bermanfaat untuk menyediakan makanan bayi serta oksigen selama masih berada di dalam rahim.Setelah bayi tersebut lahir, bayi tidak akan bergantung pada tali pusat lagi sebagai penyalur makanannya. Sehingga, pada saat bayi terlahir maka tali pusat ini akan dipotong.

Yang perlu ibu ketahui adalah bahwa perawatan tali pusat ini harus dilakukan dengan hati-hati karena area ini harus selalu kering dan juga bersih agar tidak terjadi infeksi. Jangan pernah menutupi tali pusat dengan kain, popok atau bahkan memberinya bedak bayi untuk mengeringkannya. Potongan tali pusat yang masih menempel pada bayi tersebut akan mengering, mengerut dan lepas dengan sendirinya dalam waktu kurang dari satu bulan.

BACA JUGA:  Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Semoga informasi mengenai masalah kesehatan yang sering dialami oleh bayi baru lahir ini bermanfaat bagi para ibu muda.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/-oXEuB8jMMx4/UqMDBv8y8BI/AAAAAAAAAiI/yjAH9ZZLRDA/s1600/cara-mengetahui-apakah-bayi-memiliki-masalah-pendengaran.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket, Selimut Bayi Lucu

Hanaroo Fluffy Blanket adalah selimut bayi dengan motif berbulu yang praktis untuk di gunakan. Salah ....
Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei Waterproof yang Anti Air dan Anti Kotor

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok boon squirt adalaha pelengkap bayi yang berberbentuk botol sekaligus sendok yang di gunakan bunda ....