Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu MenyusuiKebaikan apapun juga yang ditawarkan oleh susu formula terhadap buah hati Anda, ASI eksklusif tetaplah menjadi makanan terbaik satu-satunya bagi bayi. Manfaat pemberian ASI eksklusif  tidak hanya bermanfaat baik bagi bayi, namun juga bermanfaat baik bagi tubuh ibu menyusui. ASI atau air susu ibu diproduksi secara alami oleh ibu yang baru melahirkan demi memenuhi kebutuhan bayi dan merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir.

Keuntungan Pemberian ASI Bagi Ibu Menyusui

Sangat dinjurkan bagi ibu menyusui untuk tidak memberikan makanan tambahan apapun pada bayi baru lahir, dengan kata lain usia 4-6 bulan adalah masa pemberian ASI eksklusif pada bayi. Mengapa pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan bagi ibu menyusui? Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa manfaat pemberian ASI eksklusif sangat baik bagi bayi baru lahir maupun ibu. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya bagi ibu menyusui.

1. Mengurangi resiko kanker payudara dan kanker rahim

Pemberian ASI eksklusif pada bayi dapat mengurangi resiko ibu menyusui terkena kanker payudara. Diperkirakan bahwa persentasi pencegahannya hingga mencapai 20%. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa menyusui juga bisa membantu mencegah kanker rahim.

2. Mengurangi berat badan

Pemberian asi eksklusif juga bisa membantu ibu menyusui mengurangi berat badan. Pada saat ibu menyusui, itu berarti bahwa ibu menyusui telah membakar kalori sebesar 200 sampai 500 kalori setiap harinya. Jumlah kalori yang terbakar pada ibu menyusui sama dengan jika Anda berenang jam atau naik sepeda selama satu jam.

3. Mencegah pendarahan

Pemberian ASI eksklusif atau menyusui bayi segera setelah bayi terlahir bisa mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya pendarahan. Hal ini dapat membantu ibu menyusui mempercepat proses kembalinya kondisi rahim ke posisi semula.

4. Praktis dan ekonomis

Selain kandungannya yang sempurna, ASI juga sangat praktis serta ekonomis. Selain bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli susu formula, menyusui juga sangat praktis saat ibu ingin bepergian dengan bayi. Maka ibu menyusui tidak perlu repot menyiapkan susu formula dan juga botol.

5. Ungkapan kasih sayang

Pemberian ASI eksklusif merupakan ungkapan kasih sayang dari seorang ibu kepada buah hatinya. Hubungan batin antara ibu dan bayi dapat terjalin erat karena pada saat ibu menyusui, bayi akan menempel pada tubuh ibu. Bayi dapat mendengarkan detak jantung ibu, merasakan dekapan ibu dan kehangatan sentuhan kulit ibu.

6. Sebagai alat kontrasepsi

Pemberian ASI eksklusif bisa berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Meskipun hal ini hanya berlaku dalam jangka waktu 4 bulan saja setelah melahirkan, nmun hisapan bayi saat menyusu pada payudara ibu dapat merangsang hormon prolaktin. Hormon tersebut bisa menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga akan menunda masa kesuburan.

Itulah beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif bagi ibu menyusui yang dapat Anda perhatikan. Semoga bermanfaat dan mendorong ibu untuk menyusui bayi baru lahir secara eksklusif setelah melahirkan.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.rumahsehatterpadu.or.id/uploads/2013/11/asi-eksklusif.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Pompa ASI IQ Baby Manual

Pompa ASI IQ Baby Manual

Manual Breast Pump IQ Baby merupakan pompa asi secara menual dan sangat terjangkau yang terterbuat ....
Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity Pillow, Bantal Ibu Hamil dan Menyusui

Maternity pillow merupakan bantal ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa memberikan sebuah kenyamanan pada ....