Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Ibu Hamil

olahraga ibu hamilOlahraga adalah salah satu cara pembentukan badan yang sehat dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Sehingga, orang akan mendapatkan badan yang sehat dan bugar dengan melakukan olahraga secara teratur. Orang yang rutin melakukan olahraga tentu daya tahan tubuhnya akan berbeda dengan yang tidak melakukan olahraga. Tanpa terkecuali bagi ibu hamil. Banyak manfaat olahraga yang bisa diambil oleh ibu hamil pada masa kehamilan. Salah satunya adalah agar masa kehamilan dapat berjalan dengan baik dan persalinan berjalan lancar.

Akan tetapi, tidak sedikit dari orang yang malas melakukan olahraga termasuk ibu hamil. Apalagi jika mereka harus bangun pagi dan berolahraga. Walaupun manfaat olahraga sangat banyak, namun dengan berbagai macam alasan mereka tetap tidak mau melakukannya. Berikut ini adalah manfaat olahraga bagi kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan.

1. Meningkatkan energi

Melakukan olahraga secara teratur sangat bagus bagi kesehatan tubuh karena selain olahraga dapat menjaga daya tahan tubuh juga akan memperkuat kardiovaskular Anda, sehingga Anda tidak akan mudah lelah. Dengan otot yang kencang dan kuat, Ibu hamil dapat menjalani segala aktivitas dengan penuh semangat.

2. Mempersiapkan persalinan

Semakin baik kesehatan tubuh Anda, maka saat menjalani persalinan Anda juga akan semakin kuat. Persalinan adalah perjalanan panjang yang sangat membutuhkan stamina, fokus dan tekat. Olahraga secara rutin dapat memudahkan Anda dalam menjalani persalinan.

3. Tidur lebih baik

Pada masa kehamilan, ibu hamil akan sulit menemukan posisi tidur yang nyaman dan tepat saat tidur. Olahraga dapat membantu Anda dalam menjalani segala aktivitas setiap hari dan saat Anda merasa lelah maka tidur pun akan menjadi lebih nyaman dan nyenyak.

4. Mengurangi ketidaknyamanan

Ibu hamil yang rutin melakukan olahraga dapat meregangkan dan menguatkan otot-otot sehingga dapat membantu tubuh dalam mengatasi rasa sakit, pegal dan keluhan ibu hamil lainnya. Peregangan otot bermanfaat untuk mengurangi sakit punggung dan  melancarkan sirkulasi darah.

5. Meningkatkan semangat dan mengurangi stress

Rutin melakukan olahraga dapat meningkatkan jumlah serotonin serta unsur kimia dalam otak yang dapat meningkatkan mood dan memberikan semangat pada ibu hamil.

Begitu banyaknya manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh semua orang tanpa terkecuali ibu hamil. Banyak juga yang mengatakan bahwa sehat itu mahal harganya. Jadi, kenapa kita tidak mau meluangkan sedikit waktu untuk melakukannya demi menjaga kesehatan tubuh kita? Salam sehat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://www.enajwa.com/uploads/2013/07/manfaat-olahraga-selama-hamil.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....