Bayi & Anak, Kesehatan

Cara Merawat Bayi Dengan Rajin Membersihkan Mulutnya

cara merawat bayi dengan membersihkan mulutMulut bayi merupakan salah satu anggota tubuh yang sama seperti lainnya dimana setiap bagian tubuh sebaiknya selalu dibersihkan secara rutin demi menjaga kesehatan bayi. Meskipun bayi baru lahir hingga usia 6 bulan belum tumbuh gigi, namun rutinitas membersihkan mulut bayi sejak usia dini bisa menambah kebiasaan baik bagi bayi agar kelak mereka rajin membersihkan giginya.

Selain itu, pernahkah Bunda melihat mulut bayi terdapat putih-putih seperti bekas susu yang menempel pada mulut dan lidah bayi sehingga sulit untuk dibersihkan? Jika Bunda menemukan hal itu pada buah hati Anda maka Anda harus waspada karena bisa saja mulut bayi terkena jamur mulut atau candida albicans. Untuk itu, penting bagi bunda membersihkan mulut bayi sebagai salah satu cara merawat bayi demi kesehatannya.

Cara Merawat Bayi Dengan Menjaga Kebersihan Mulut

Bagi Bunda yang menyusui buah hati dengan ASI maka tidak perlu merasa khawatir karena pada umumnya bercak-bercak putih yang ditimbulkan oleh ASI tersebut tidak akan membahayakan kesehatan bayi. Yang perlu Bunda khawatirkan adalah ketika buah hati minum susu formula kemudian muncul banyak bercak putih pada mulut bayi.

Meskipun demikian, baik bayi minum ASI eksklusif atau minum susu formula, Bunda harus tetap membersihkan mulut bayi secara teratur dan benar untuk menghindari segala masalah kesehatan bayi terutama di bagian mulut. Membersihkan mulut bayi ini juga dapat mengurangi bau mulut pada bayi meskipun mereka hanya mengkonsumsi susu saja.

Adapun langkah-langkah yang dapat Bunda lakukan untuk membersihkan mulut bayi dengan aman adalah menggunakan kain kasa lembut.

  1. Basahi kain kasa halus dengan air hangat.
  2. Balut jari telunjuk Bunda dengan kain kasa yang telah dibasahai air hangat, kemudian bersihkan mulut bayi dengan cara membaringkannya sehingga lebih mudah dilakukan.
  3. Mulailah untuk membersihkan bagian mulut luar yaitu bibir dan sekitarnya.
  4. Setelah itu, dengan bantuan jari tangan, Bunda dapat membuka mulut bayi kemudian masukkan jari telunjuk yang telah dibalut kain kasa untuk membersihkan bagian mulut dalam seperti gusi dan langit-langit secara perlahan.
  5. Setelah membersihkan bagian mulut dalam dan juga gusi, jangan lupa untuk membersihkan lidah bayi. Lakukan mulai dari bagian pangkal lidah kemudian ke depan. Namun, perlu Bunda ingat saat membersihkan lidah usahakan jangan terlalu ke belakang.

Cara membersihkan mulut bayi juga dapat dilakukan dengan sikat khusus dengan bulu yang sangat lembut. Semoga dengan Bunda rajin membersihkan mulut bayi, maka buah hati Anda akan terbebas dari jamur yang membahayakan kesehatan bayi. Hal itu juga merupakan salah satu cara merawat bayi yang penting untuk Bunda lakukan. Semoga bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://family.fimela.com/resources/news/2014/08/25/2120/paging/4099/640xauto--cara-mudah-bersihkan-gigi-bayi-tanpa-membuat-muntah-dan-luka-1408258.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok Boon Squirt Perlengkapan Bayi yang Simple

Sendok boon squirt adalaha pelengkap bayi yang berberbentuk botol sekaligus sendok yang di gunakan bunda ....