Kehamilan & Kelahiran

Mencegah Keguguran Saat Trimester Pertama

Share Yuk!

Mencegah Keguguran Saat Trimester PertamaKehamilan merupakan saat yang ditunggu tunggu oleh pasangan yang baru menikah. Pada kehamilan pertama, biasanya calon ibu belum memiliki cukup pengetahuan tentang kehamilan. Kadang-kadang karena tiadanya pengetahuan dan pengalaman calon ibu tersebut membuat terjadinya keguguran.

Menjaga kehamilan pada Trimester Pertama agar tidak keguguran saat usia kehamilan masih muda sangatlah  penting. Keguguran biasa terjadi diusia kehamilan dibawah 20 minggu. Pada usia itu janin masih rentan dan mudah terjadi keguguran yang diakibatkan oleh beberapa sebab, antara lain:

1. Kelainan yang terjadi pada janin

Kelainan pada janin bisa timbul akibat adanya sel-sel yang tidak dapat membelah atau adanya kelainan genetik  sehingga menyebabkan janin tidak bisa berkembang yang mengakibatkan gugurnya janin.

2. Kelainan yang terjadi pada rahim ibu

Penyebab keguguran lainnya yaitu kelainan pada rahim calon ibu. Rahim merupakan tempat berkembangnya janin, jika janin mengalami kelainan maka akan menyebabkan janin tidak bisa berkembang dan ada akhirnya menyebabkan janin dapat keguguran. Contoh, calon ibu terkena kanker rahim .

3. Infeksi pada kehamilan

Pengaruh lingkungan sekitar tempat tinggal juga bisa menyebakan keguguran. Misalnya polusi udara  dari asap kendaraan dan pabrik. Banyaknya polusi-polusi yang terjadi dilingkungan sekitar  menyebabkan banyaknya virus maupun bakteri yang bertebaran. Virus dan bakteri dari polusi udara yang kotor inilah salah satu penyebab keguguran selain dari virus HIV dan Hepatitis.

4. Kelelahan

Seorang calon ibu yang lagi hamil muda sebaiknya mengurangi aktivitas yang terlalu padat. Karena aktivitas yang terlalu padat tersebut bisa menimbulkan kelelahan dan stress  sehingga bisa menyebabkan janin tidak bisa berkembang dengan baik. Perkembangan janin butuh ketenangan  dari calon ibu. Bila tidak ada ketenangan  hal tersebut janin yang dikandung calon ibu bisaterjadi keguguran.

BACA JUGA:  Bolehkah Menggunakan Stagen atau Gurita Setelah Melahirkan?

Untuk Mencegah Keguguran Saat Trimester Pertama, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

1. Hindari makanan dengan kandungan keju

Keju adalah makanan yang berbahaya dikonsumsi mereka yang hamil di trimester pertama. Keju dapat menyebabkan keracunan serta keguguran mendadak.

2. Traveling yang melelahkan

Diawal kehamilan sebaiknya menghindari perjalanan jauh yang bisa membuat tubuh kelelahan. Kondisi tubuh yang kelelahan dan guncangan yang terjadi selama perjalanan bisa mempengaruhi kondisi janin.  Pada Trimester pertama kehamilan  kondisi janin masih lemah dan tidak terlalu kuat jadi sangat rentan terjadi keguguran.

3. Makanan yang diawetkan

Selain Keju, Makanan yang mengandung bahan pengawet disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh  ibu yang baru hamil muda. Zat pengawet pada makanan  apabila dimakan oleh ibu yang hamil muda akan mempengaruhi perkembangan janin.

Espresso on Coffe Beans4. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Bila Ibu termasuk pecandu kafein sebelum hamil maka sebaiknya pada masa kehamilan ibu membatasi mengkonsumsi kafein dan menggantinya dengan mengkonsumsi jus buah segar saja.  Karena  dosis kafein yang tinggi pada kopi dapat menyebabkan keguguran.

5. Relaksasi

Relaksasi  dibutuhkan untuk mengatasi stress yang dialami ibu hamil. Relaksasi yang dapat dilakukan seperti  Senam kehamilan, Jalan-jalan dipagi hari. Udara di pagi hari dan pemandangan  alam sekitar bisa membantu mengatsi sehingga kehamilan jadi lebih sehat dan janin tumbuh dengan kuat di dalam rahim Anda.

Untuk lebih amannya selalu konsultasikan perkembangan  janin dengan dokter kandungan untuk memantau pertumbuhan janin.

Sumber Gambar:
 1. http://4.bp.blogspot.com/-JlT2BImPLhw/UNFU6tZF1qI/AAAAAAAAAaA/m6-MVCQR-ko/s320/Cara+cepat+hamil+setelah+keguguran.jpg
 2. http://pemalangonline.com/uploads/2012/08/minum-kopi.jpg
Share Yuk!