Kenali Jenis Keputihan Anda

 

kenali-jenis-keputihan-anda

Keputihan atau flour albus merupakan sekresi vaginal abnormal pada wanita. Keputihan pada wanita yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil. Keputihan memang menjadi  momok yang menakutkan bagi banyak wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, keputihan sering membuat rasa percaya diri turun, terutama bagi wanita yang telah menikah.

Mulai dari sekarang, Anda harus bisa kenali jenis keputihan Anda, apakah termasuk keputihan yang normal atau keputihan yang harus mendapatkan perawatan dari dokter. Berikut kami informasikan jenis-jenis keputihan:

Keputihan fisiologis

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Keputihan jenis ini akan terjadi pada wanita yang telah mengalami menstruasi. Kondisi ini terjadi pada saat wanita memasuki masa subur, sebelum dan sesudah menstruasi, atau pada saat mendapat rangsangan.keputihan wanita normal

Ciri-ciri keputihan normal adalah :

  • Cairan encer
  • Warna cairan transparan atau bening
  • Cairan tidak lengket
  • Tidak bau
  • Tidak menyebabkan gatal
  • Jumlah cairan yang keluar sedikit

Jika Anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri di atas, tidak perlu panik. Hal ini normal terjadi setiap bulan. Jika Anda merasa tidak nyaman, basuh organ intim dengan air bersih, keringkan dengan handuk bersih dan ganti pakaian dalam Anda. Selain itu, memperbanyak minum air putih juga bisa membantu mengatasi masalah keputihan.

Keputihan patologis

Keputihan patologis adalah keputihan yang tidak normal dan harus Anda waspadai. Beberapa keputihan jenis ini adalah sinyal penyakit di organ kewanitaan atau daerah rahim. Jika keputihan patologis terjadi pada ibu hamil, salah satu resikonya adalah gangguan kesehatan pada bayi.

Ciri-ciri keputihan patologis/keputihan yang tidak normal adalah:

  • Jika cairan yang keluar seperti susu kental, lengket, sangat banyak dengan bau yang tidak begitu mencolok maka kemungkinan telah terjadi radang pada serviks/leher rahim (servisitis) dan vagina (vaginitis).
  • Jika cairan yang keluar berwarna coklat, encer seperti air, sangat banyak dan lembab, maka kemungkinan wanita tersebut menderita vaginitis, servisitis, gangguan pembuluh darah pada serviks, endometriosis dan saat pengobatan kanker dengan radiasi. Warna coklat timbul akibat perdarahan yang terjadi akibat kelainan tersebut.
  • Bila cairan berwarna abu abu dengan garis darah, encer seperti air, sangat banyak dan berbau busuk yang keluar dari vagina, maka kemungkinan wanita tersebut menderita ulkus vagina, vaginitis. Kemungkinan lain yang sangat perlu diwaspadai adalah kanker baik ganas maupun jinak.
  • Jika cairan yang keluar berwarna merah muda, cair, sangat banyak tetapi tidak berbau maka kemungkinan telah terjadi infeksi bakteri non spesifik. Gejala ini juga timbul saat seorang wanita kelebihan hormon estrogen.
  • Jika cairan yang keluar putih, encer berbintik bintik banyak, berbau apek disertai dengan nyeri saat buang air kecil serta gatal di sekitar kemaluan maka kemungkinan wanita tersebut menderita infeksi yang disebabkan oleh jamur. Candida albicans adalah jamur yang paling sering hinggap di kemaluan seorang wanita.
  • Jika cairan yang keluar kuning kehijauan, berbusa, merah, sangat banyak, gatal, berbau busuk dan ditemukan nyeri tekan pada sekitar kemaluan serta kemerahan pada vagina, maka kemungkinan telah terjadi infeksi yang disebabkan oleh kuman protozoa Trichomonas vaginalis.
  • Jika cairan yang keluar berwarna kuning, kental, sangat banyak, terasa panas dan gatal pada kemaluan, nyeri tekan pada daerah sekitar kemaluan, nyeri saat buang air kecil, maka kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh Nisseria gonorrhoe atau lebih dikenal dengan  GO.

Jika Anda mendapati ciri-ciri keputihan ini, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter atau ahli kesehatan. Terlebih lagi jika keputihan yang Anda alami sudah sering terjadi. Seringkali wanita mencoba mengobati sendiri keputihan dengan minum obat, jamu atau memakai sabun pembersih kewanitaan yang justru bisa memperparah kondisi keputihan.

Pastikan Anda percayakan kesehatan organ intim wanita di tangan ahli kesehatan yang tepat. Walaupun tidak terlihat, tapi perawatan pada organ kewanitaan Anda juga sangat penting. Perawatan bisa Anda lakukan dengan minum obat herbal seperti sekar malam, jamu pil manjakani, pil manjakani, dan manjakani perapat. Selamat merawat dan menyayangi organ kewanitaan Anda.

PENTNG UNTUK ANDA : 

Feminine Instant Spray Untuk Mengatasi Keputihan

Feminine Instant Spray Untuk Mengatasi Keputihan

Feminine Instan Spray merupakan solusi tepat untuk mengatasi keputihan dan berbagai masalah pada organ intim ....
Rp 125.000 Beli
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Rp 200.000 Beli
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....
Rp 165.000 Beli

31 Komentar

  1. Info yang MENARIK.

    Saya ada keputihan lepas bersalin. Keluar macam air. Orang cakap mungkin sebab Rahim terturun. Nanti baru jumpa doktor utk kepastian.

  2. Dok.saya ica saya ketika haid itu pling hanya 7/9hari tetapi setelah itu keluaar bercak hitam seperti cairan keluar drhaid tapi memng cair .contoh saya minumkopi maka cairan itu keluar lewatvagina saya,jdi warnanya sm sperti apa yang saya minum.dan jangka waktunya smpai 2/3 minggu.bagaimana dok.adakah obat atau gejala apa hal tersebut

  3. halo dok, adek saya sedang mengalami keputihan. keluar cairan seperti pipis, agak berwarna hijau serta keluarnya banyak, sedikit gatal dan sedikit nyeri. itu karena apa ya dok? dan apa yg harus dilakukan. trims

  4. Assalamualaikum, selamat malam dok.
    Dok saya mau konsultasi. Saya wanita berusia 22 tahun, belum menikah, dan belum pernah melakukan hub seksual. Saya mau tanya dok, semenjak saya bekerja di kantor yang dituntut utk menguras waktu, pikiran dan tenaga (jam kerja 11 jam/ hari dgn ada waktu libur 1 hari/minggu) kok saya mengalami keputihan berwarna coklat, encer dan agak berbau ‘darah’ dgn volume yg sangat banyak sampai mengharuskan saya menggunakan pembalut agar tidak tembus ke celana. Kejadian ini sdh berlangsung sekitar hampir seminggu dok. Tapi tanpa disertai sakit saat buang air kecil, gatal atau perih. Ini baru pertama kali dok saya mengalami keputihan seperti ini. Saya kenapa ya dok? Sebelum2nya juga periode haid saya teratur. Apakah hal ini normal? Atau apakah ini gejala saya mengalami gangguan kesehatan lain? Tolong dijawab dengan lengkap ya dok karena saya khawatir. Terimakasih sebelumnya

  5. Ass dok .
    slmt pagi? maf dok sebelum nya saya mau konsul lebih dahulu,,umur saya 21 thn dok dan saya blm menikah,saya punya keluhan dok dr kls 3 smpe saya sering sakit perut di bagian kanan dok,dan rasa sakit itu terasa hilang timbul smpe sekarang pun saya masih mengeluh di bagian perut kanan,,dan saat ini saya sering keputihan seperti datang nya haid sudah 4 hari ini saya kputihan sperti itu dok dgn ciri keputihan nya bening,tidak berbau dan tidak gatal,tp barusan saya cek trnyata ada sdikit plek merah seperti mau haid,pdahal saya blm wktunya datang masa subur,apakah itu berbahaya dok buat diri saya,terimakasih dok mohon solusinya Wass

    1. walaikumsalam,
      mba risna bila sakit itu terus dirasakan lebih baik konsultasikan langsung ke dokter kandungan nanti bisa minta di cek melalui alat USG bila ada kelainan akan di cek lebih lanjut oleh dokter kandungan dan keluhan lain seperti keputihan diinfokan detail saja sehingga dokter kandungan bisa lebih detail memeriksa secara langsung mba.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  6. Ass…
    saya mau tanya nih dok , kakak saya saat ini hamil 2bulan lebih dan dia mengalami keputihan yang berwarna kuning dan saat ini bagian vagina nya terasa gatal, panas , kalau buang air kecil nyeri dan sedikit , sebelumnya dia tidak pernah mengalami seperti ini apa solusinya ? dan apakah akan mengganggu kehamilannya dan janin nya ?
    terimakasih sebelumnya

    1. walaikumsalam mba yuni,
      bisa jadi kakaknya mengalami isk(infeksi saluran kencing) yang biasa terjadi pada ibu hamil,bisa di konsultasikan terlebih dahulu saja ke dokter kandungan dan dicek untuk keputihannya disebabkan apa,semoga informasi ini dapat membantu terimakasih

  7. Selamat mlm. Saya mau tanya saya mengalami keputihan encer dan banyak berwarna kuning kehijauan tp tidak bau apakah bahaya soalnya sebelumnya saya tidak pernah mengalaminya.
    Terima kasih sebelmnya

    1. Selamat pagi. Keputihan merupakan masalah pada organ intim wanita yang sering diderita oleh sebagian besar wanita dan masalah keputihan dapat mengganggu kenyamanan wanita. Keputihan ditandai oleh keluarnya cairan dari organ intim wanita, tetapi bukan darah. Keputihan yang berwarna kuning kehijauan merupakan salah satu ciri dari keputihan abnormal, untuk ciri-ciri keputihan abnormal lainnya Anda bisa baca pada artikel berikut : ciri-ciri keputihan yang berbahaya bagi kesehatan. Jika Anda mengalami salah satu dari ciri-ciri keputihan tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab jelasnya dan segera mendapatkan perawatan secara tepat. Semoga bermanfaat, terima kasih.

  8. lw awalnya kluar flek” kuning khjauan tp tak brbau n g gatal,trus 2 hr’y lg brubh agk kng lg tp mlm’y kpthan tp encer bgt gk gtal n gk bau it brbahaya gk ya bun…tlg info’y mksh

    1. Selamat pagi. Keputihan tentu saja membuat penderitanya merasa terganggu dan tidak nyaman, terlebih lagi jika keputihan yang dialami sedikit berbeda dari biasanya. Oleh sebab itu, sebaiknya bunda konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. Selanjutnya lakukan perawatan dibawah pengawasan dokter. Terima kasih.

  9. Mau tanya! Teman saya itu dari v nya keluar cairan putih katanya kental gitu keluar e tiap hari tiba-tiba keluar aja gitu! Bagaimana itu wajar atau tidak?

    1. Selamat pagi. Jika organ intim wanita mengeluarkan cairan berwarna putih kental setiap hari dengan jumlah yng berlebihan, maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui jenis keputihan tersebut apakah berbahaya atau tidak. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Flek coklat yang terjadi sebelum atau sesudah menstruasi merupakan hal wajar. Namun jika keluarnya flek bukan menandakan datangnya mentruasi dan terjadi selama beberapa hari sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahu penyebab jelasnya. Terima kasih.

  10. Kalo kputihan emcer bening,gatal, berbau, nyeri saat kencing itu knpa ya? Dan kalo tau apa obatnya?

    1. Selamat pagi. Keputihan yang menimbulkan rasa gatal, bau tidak sedap dan nyeri saat buang air kecil merupakan beberapa ciri dari keputihan abnormal. Jika Anda mengalami ciri-ciri dari jenis keputihan abnormal tersebut, maka segeralah periksa ke dokter maupun ahli kesehatan untuk mendapatkan perawatan secara tepat agar tidak berdampak lebih buruk lagi. Terima kasih.

  11. Pagi mau tanya dong klw sering keluar keputihan seperti kencing itu bahaya ga ya?tapi tidak lengket atau berbau

    1. Selamat siang. Keputihan dapat terjadi karena proses normal maupun karena ada faktor lain yang menyebabkan keputihan yang abnormal. Keputihan yang normal umumnya tidak berwarna, tidak berbau, dan juga tidak menyebabkan gatal maupun perih di sekitar organ intim wanita. Jika keputihan yang yang Anda alami tersebut sangat mengganggu kenyamanan Anda, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Terima kasih.

  12. Mau tanya donk…aqu awalnya ada flek coklat 5 hari gitu trus setelah flek coklat mau hilang aqu campur dgn suami setelah itu aqu keputihan..dan aqu minum obat sama pakai abothyl ovula 2x..skrg keputihanqu agk merah,tapi tidak bau,,,itu kenapa ya..dan apa obatnya..

    1. Selamat pagi bunda. Sebenarnya keputihan yang dialami oleh setiap wanita adalah hal wajar. Namun, jika keputihan yang dialami menimbulkan rasa gatal, jumlah cairannya banyak dan kental maka sebaiknya bunda segera mengkonsultasikannya pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan pernah menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter. Terima kasih

  13. Ӄa̐ƪa̐υ̲̣̥ keluar lendir bening ,tidak lengket , tidak bau, tp banyak..dan ini sering , bahaya ĝåğ ya ? Dan sering kencing jg…tp kencingnya dikit

    1. Biasanya itu terjadi karena pola hidup yang tidak bersih sis. Atau untuk konsultasi bisa menghubungi CS kami di 081328873888. Terimakasih.

    1. itu setiap hari keluar itu sudah berapa lama sis?
      atau untuk konsultasi bisa langsung menghubungi CS kami di 081328873888. Terimakasih.

  14. jika cairan yang keluar dari miss V berwarna kuning khijauan disertai rasa gatal n terus menerus apakah itu berbahaya n apa obatnya…tq.

    1. Jk cairan berwarna spt itu perlu sgr di atasi. Rutinkan sj habbatussauda dr dalam. Atau sekar malam. U pemakaian luar bs dg sabun khusus v atau grwce fresh. Hub 0813288733888 u pmsanaan produk

  15. jika keputihan yang kluar dri organ intim wnita vrwrna coklat disertai sdikit itu darah apakah itu brbhya,?? bgmna cara mngobatinya,,,,??

Komentar