Kehamilan & Kelahiran

Manfaat Mangga Muda Untuk Ibu Hamil

mangga mudaBagi Anda yang mengalami ngidam saat hamil, pasti sudah tidak asing dengan mangga muda. Ya, mangga muda memang identik dengan kondisi ngidam yang kebanyakan dialami oleh wanita hamil. Mangga muda merupakan salah satu buah yang menjadi favorit wanita yang sedang hamil. Rasanya yang asam memang membuat ketagihan, terlebih saat hamil banyak wanita yang mual dengan rasa yang manis.

Kabar baik bagi Anda ibu hamil yang suka makan buah mangga, ternyata mangga yang bisa mengatasi masalah ngidam, juga mempunyai banyak manfaat untuk wanita hamil. Lalu, manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari mangga muda?

Berikut kami informasikan manfaat mangga muda untuk wanita hamil.

Membantu menjaga imunitas tubuh

Kesehatan pada wanita hamil memang sangat penting, sehingga dokter pun akan memberikan berbagai macam vitamin untuk ibu dan bayi dan menganjurkan ibu makan makanan yang bergizi tinggi. Salah satunya bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti buah mangga. Manfaat mangga muda untuk wanita hamil adalah memberikan tambahan imunitas pada mereka.

Kandungan vitamin C adalah salah satu alasan yang meningkatkan manfaat mangga muda untuk wanita hamil. Seperti yang kita ketahui, vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga bisa membantu untuk mencegah berbagai penyakit, serta membantu tubuh mengatasi peradangan.

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, dengan tujuan memperlancar penyerapan kalsium, yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Manfaat mangga muda lainnya adalah untuk membantu tubuh membentuk sel-sel baru dan membantu penyerapan zat besi, yang sangat bermanfaat untuk membentuk sel darah merah, agar ibu hamil terhindar dari anemia.

Mengatasi morning sickness

morning sickness

Walaupun belum banyak penelitian yang membuktikan adanya manfaat buah mangga dalam membantu mengatasi morning sickness, namun banyak ibu hamil muda yang tetap memilih mangga dalam mengatasi masalah mual dan muntah di trimester pertama. Dalam buah mangga, terdapat kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus untuk mengurangi rasa mual. Karena itulah, wanita hamil muda yang sering mengalami muntah bisa mengkonsumsi mangga muda untuk menghentikan keluhannya. Mungkin dengan alasan ini, maka wanita hamil muda yang sering mengalami muntah, bisa menggunakan mangga untuk menghentikan masalahnya.

Membantu mengatasi konstipasi

Banyak keluhan yang dialami wanita saat hamil, salah satunya adalah masalah konstipasi atau susah BAB. Masalah ini merpakan masalah umum yang terjadi di saat wanita tengah hamil muda ataupun sedang hamil tua. Pada umumnya, keadaan ini tidak terlalu mengganggu, namun di beberapa orang menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Rasa tidak nyaman di perut kadang ditambah dengan hentakan-hentakan bayi yang pastinya akan membuat ibu hamil semakin merasa gelisah.

Manfaat buah mangga untuk mengatasi konstipasi adalah dengan memanfaatkan serat yang terdapat di dalamnya. Mangga memang memiliki serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan baik.

Disamping itu, kandungan enzim dalam mangga juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Sehingga bukan hanya mencegah konstipasi, mangga juga menciptakan kenyamanan di perut saat ibu sedang dalam keadaan hamil. Mencampur mangga dengan sedikit madu dan garam bisa menangkal gangguan pencernaan. Anda bisa temukan manfaat mangga muda saat Anda hamil. Tapi, jangan terlalu berlebihan, ya!

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-XYozvPb_4S8/Tgv7JUnpISI/AAAAAAAAAgI/gD4kUWlLhh8/s1600/mango_tree_.jpg
2. http://kidshealth.org/parent/pregnancy_center/your_pregnancy/headers_87402/P_MorningSickness.jpg