Mau Program Hamil Sukses? Hindari 5 Hal Berikut

Memiliki anak merupakan harapan bagi  setiap pasangan yang sudah menikah.Karena  kehadirannya bisa menjadi pelengkap kebahagiaan  dalam membina sebuah rumah tangga. Beberapa pasangan mungkin bisa segera mendapatkan momongan tidak lama setelah menikah. Program hamil sudah dilakukan, namun banyak juga pasangan yang harus bersabar untuk menunggu  karena momongan yang didambakan belum kunjung hadir .

Hal Yang Harus Di Hindari  Saat Program Hamil

1. Kelebihan Berat Badan

Pria maupun wanita yang gemuk mempunyai resiko ketidaksuburan. Khususnya pada wanita, jaringan lemak pada wanita yang gemuk akan menghasilkan hormon estrogen yang berlebihan. Hal itu akan memicu terjadinya ketidak seimbangan hormonal, sehingga akan mengganggu siklus haid dan juga kesuburan.

2. Kurang konsumsi sayur dan buah.

Kurang mengkonsumsi buah dan sayur tidak hanya mempengaruhi kesehatan pencernaan, namun juga berdampak terhadap kesuburan.Wanita yang gemar mengkonsumsi buah dan sayur akan lebih cepat hamil dan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi  buah dan sayur.

3. Hibungan Intim Yang Tidak Teratur

Sering tidaknya berhubungan intim juga akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya program hamil.Hubungan intim yang sangat jarang akan membuat peluang pembuahan semakin kecil.Untuk yang sedang melakukan program hamil, disarankan melakukan hubungan intim  setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu.

4. Gangguan Organ Reproduksi

Tingkat kesuburan pada pria hanya bisa dilihat di lihat di laboratorium, yang meliputi bentuk, pergerakan dan juga jumlah sperma.Sedangkan pada wanita biasanya terjadi penyumbatan akibat adanya banyak insulin atau yang biasa di sebut dengan PCOS. PCOS biasanya terjadi akibat banyak mengkonsumsi MSG, gorengan, Kurang nutrisi, kurang vitamin dan mineral dan juga kelebihan berat badan.

5. Pernah menunda kehamilan seperti pakai pil kb atau suntik

Penggunaan pil KB atau suntik bisa memicu siklus haid yang tidak teratur, hal itu akan bisa membuat wanita sulit hamil.

Selain menghindari hal- hal  yang bisa menghambat program hamil kita diatas,  untuk menunjang programhamil kita juga bisa melakukan pola hidup sehat.Hal ini bisa bisa kita lakukan dengan cara tidak mengkonsumsi alkohol, berhenti merokok,menjaga agar berat badan kita tetap normal, memenuhi kebutuhan nutrisi, hindari suhu telalu panas, hindari sters, dan lakukan olah raga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh kita.

Konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi hijau, atau kangkung yang banyak mengandung nutrisi penting seperti kalsium, zat besi dan folat. Perbanyak konsumsi  telur yang tinggi protein, vitamin, dan mineral serta asam amino, seperti kolin yang bisa meningkatkan kualitas folikel, yaitu tempat tumbuhnya sel telur

Leave a Comment