Kehamilan & Kelahiran

Morning Sickness : Waspadai Gejala Yang Tidak Wajar

Morning SicknessMorning sickness adalah hal yang wajar terjadi pada ibu hamil, terutama di masa-masa awal kehamilan. Setiap pagi, dilalui dengan mual, muntah, juga diiringi dengan pusing kepala. Segala aktivitas menjadi terhambat, karena harus banyak-banyak beristirahat. Hampir sepertiga ibu hamil di dunia mengalami ini. Jadi, jangan kuatir.

Yang patut diwaspadai adalah manakala morning sickness ini menjadi tidak wajar. Misalkan, ada yang sampai tidak bisa melihat makanan dalam bentuk apapun, muntah setiap kali makan sehingga harus diopname berkali-kali, dsb. Mengapa harus waspada? Karena ibu hamil, meskipun mual sering melanda, tetaplah harus memiliki asupan gizi dan makanan sehat untuk janinnya. Jangan hanya karena selalu mual, lantas tak ingin makan apapun. Itu salah satu bentuk dari kelalaian dan tidak memenuhi hak janin.

Hilangkan pikiran-pikiran ingin muntah. Paksakan diri untuk mau makan. Walaupun sedikit, walaupun hanya segelas jus buah saja. Pokoknya, harus ada makanan bergizi yang masuk. Jangan sampai tidak. Saat ini, musuh terbesar Anda adalah pikiran-pikiran Anda yang tidak ingin makan itu. Lawan! Dan Anda harus memenangkannya.

Kurangi jumlah porsi makan. Makan sedikit-sedikit tapi sering itu lebih baik daripada tidak makan sama sekali. Salah satu yang memicu keinginan untuk muntah adalah karena melihat porsi makanan yang banyak. Ambil piring kecil (pisin), lalu isi dengan sayur, makan. Selang beberapa lama, ambil lauknya, makan lagi. Berapa lama lagi, ambil nasi atau roti, makan lagi. Begitu terus tidak mengapa. Jangan lupa konsumsi buah-buahan segar.

Jangan makan makanan yang berbau tajam. Bau juga sangat berpengaruh untuk menimbulkan keinginan untuk muntah. Hindari pula makanan yang pedas dan berbumbu pekat.

Minum madu. Madu berkhasiat untuk mengurangi rasa mual dan dapat menambah nafsu makan. Ibu hamil yang sering mengkonsumsi madu, persalinannnya juga akan lebih mudah nantinya. Kandungan madu sangat banyak, dan jika memang benar-benar tidak bisa mengkonsumsi makanan apapun, madu bisa menjadi penggantinya.

Banyak minum. Tidak apa-apa jika minum banyak membuat Anda sering buang air kecil. Namun, manfaat dari banyak minum akan sangat berguna bagi Anda dan janin Anda. Jangan lupa minum susu dan vitamin untuk ibu hamil.

Senam dan jogging. Jika kondisi Anda memungkinkan, lakukanlah gerakan-gerakan ringan untuk ibu hamil, atau berjalan-jalan di pagi hari sambil mencari udara segar.

Selamat menikmati kehamilan Anda!

Sumber Gambar : http://www.alio.lt/pub/img/custom/blog/2009/12/dietos-maistas-800x600.jpg