Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Proses Pemulihan Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Perawatan Pasca Melahirkan

Melahirkan merupakan sebuah proses besar bagi kaum wanita. Dibutuhkan berbagai upaya untuk bisa melalui proses persalinan seperti tenaga, pikiran, psikologis, keberanian, finansial, dan juga ketulusan. Namun, segala pengorbanan seorang ibu akan terbayarkan ketika proses persalinan dapat berjalan dengan lancar dan sang bayi lahir dalam kondisi sehat.

Perjuangan berat yang pertama sudah dapat dilalui, namun jangan lupa bahwa akan ada perjuangan tahap kedua bagi ibu pasca melahirkan yaitu memulihkan kondisi tubuh hingga kembali seperti sebelum hamil. Setelah melewati proses persalinan, bukan berarti Anda bebas beraktivitas seperti sebelum hamil. Anda mungkin akan mengalami beberapa perubahan yang membuat tidak nyaman seperti rasa sakit yang berkelanjutan, badan terasa pegal, baby blues syndrome, dan lain sebagainya.

Tips Memulihkan Tubuh Pasca Melahirkan

Seringkali seorang ibu tidak memperhatikan penampilan serta kesehatan tubuhnya pasca melahirkan. Padahal masa-masa pasca melahirkan harus benar-benar mendapat perhatian dari sang ibu setelah kesehatan bayi mereka. Di masa ini, seorang ibu akan menghadapi berbagai resiko yang bisa berpotensi untuk mengganggu kondisi fisik, sosial maupun mental.

Nah, berikut ini adalah berbagai tips atau cara agar proses pemulihan pasca kehamilan bisa berlangsung dengan mudah dan cepat :

1. Jangan pernah membawa beban berat, karena kondisi ibu masih belum pulih sehingga masih lemah, dan rasa nyeri pasca melahirkan juga masih terasa. Istirahatlah dan makan makanan yang bergizi.

2. Hadapi masa nifas dengan tenang dan juga nyaman. Masa nifas merupakan masa 6 minggu setelah melahirkan. Untuk memulihkan kondisi fisik serta psikis hingga kembali ke keadaan normal, sebaiknya harus dibarengi dengan makanan bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur.

3. Janganlah melakukan hubungan intim, tunggulah 4 sampai 6 minggu pasca melahirkan. Karena tubuh membutuhkan waktu untuk bisa pulih seperti semula, begitu juga dengan kondisi organ intim wanita.

4. Jangan banyak bergerak sebelum kondisi tubuh memang benar-benar memungkinkan. Lakukan setiap gerak dan aktivitas secara bertahap, hal itu akan sangat membantu mempercepat proses pemulihan.

5. Minumlah air putih yang cukup minimal 8 gelas perhari. Hal itu untuk menghindari terjadinya dehidrasi dan sembelit pasca melahirkan.

6. Rawatlah bekas luka jahitan dengan selalu menjaga kebersihan luka dan memberikan cairan anti septik, mandi secara teratur serta membersihkan organ intim wanita dengan baik setelah buang air kecil maupun besar. Jika bekas luka tidak rajin dibersihkan maka dapat menimbulkan infeksi pada bekas luka.

7. Mintalah juga saran pada dokter atau bidan tentang bagaimana posisi menyusui yang aman dan nyaman.

Selain menerapkan beberapa tips proses pemulihan pasca melahirkan tersebut, konsumsilah juga makanan bergizi yang berprotein tinggi seperti ikan, telur, tahu, tempe, daging agar luka bisa cepat sembuh.

PENTING BAGI ANDA:

Sumber Gambar: http://barangunik.co/productimages/0/7/46207/korset-pelangsing-setelah-melahirkan-222-zoom-1.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Langsing Membantu Menurunkan Berat Badan

Madu Langsing Membantu Menurunkan Berat Badan

Madu langsing merupakan produk untuk menurunkan berat badan yang berkualitas dan membantu dalam proses melangsingkan ....
Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment Slimmer Untuk Menurunkan Berat Badan

Moment slimmer merupakan produk herbal alami yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Produk pelangsing tubuh ....
Nes V, Minuman Herbal untuk Merapatkan Miss V

Nes V, Minuman Herbal untuk Merapatkan Miss V

Nes V merupakan minuman herbal kesehatan khusus untuk para wanita modern dengan bahan dasar madu ....