Kesehatan

Buah Yang Cocok Untuk Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

buah pencegah dehidrasiMencukupi cairan tubuh saat bulan ramadhan sangat penting, karena pada bulan ramadhan sangat mungkin tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk itu, Anda harus selalu memastikan asupan cairan yang masuk saat berbuka dan sahur. Cairan tubuh tidak hanya dengan minum air putih, tetapi bisa juga Anda penuhi dari buah-buahan yang mengandung air.

Buah-buahan memiliki jenis yang bermacam-macam, tetapi tidak semua buah memiliki kandungan air yang banyak. Jadi, Anda harus bisa memilih buah yang tepat untuk mengatasi dehidrasi Anda saat berpuasa. Berikut kami informasikan buah yang cocok untuk mencegah dehidrasi saat puasa antara lain:

1. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah favorit sebagai menu buah saat berbuka puasa. Karena semangka adalah buah yang paling banyak mengandung air dan memiliki tingkat hidrasi 92 persen. Gula yang terkandung di dalamnya juga berisi berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, sodium, dan potasium, sehingga lebih efektif untuk mencegah dehidrasi dibandingkan dengan air biasa.

2. Buah berry

Strawberry berada pada urutan ke-4 buah yang paling banyak mengandung antioksidan dan terdiri dari 92 persen air. Selain strawberry, buah raspberry dan blueberry juga bisa dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Selain mengandung air, buah berry juga mengandung vitamin C yang baik untuk membersihkan arteri dan mengatur gula darah.

3. Air kelapa

Air kelapa memiliki tingkat hidrasi hingga 95 persen. Air kelapa muda mengandung sodium dan karbohidrat. Berbuka dengan air kelapa tentu sangat menyegarkan.

4. Blewah

Blewah memiliki tingkat hidrasi 89 persen. Mengkonsumsi blewah dapat mencegah tubuh kekurangan cairan. Kandungan air yang tinggi  pada buah ini membantu mengatasi dehidrasi karena 13-14 jam tidak mendapat asupan cairan. Selain itu, blewah juga mengandung zat gula, dimana zat ini dibutuhkan saat berbuka. Tubuh membutuhkan zat gula yang cepat diserap tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu blewah mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

5. Jeruk

Jeruk memiliki tingkat hidrasi 87 persen. Jeruk memiliki rasa manis dan mengandung 100 persen vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Selain bisa menghidrasi, jeruk juga bisa mencegah sariawan selama berpuasa.

6. Anggur

Anggur juga mengandung cairan dalam buahnya. Selain itu, anggur juga mengandung antioksidan yang bagus untuk tubuh. Untuk menu buka puasa, Anda bisa mengkonsumsi anggur hijau, merah, ungu, atau anggur hitam.

7. Delima

Delima memiliki tingkat hidrasi 90 persen. Selain itu, delima juga hanya memiliki 30 kalori serta mengandung limonoids yang bisa menghilangkan racun dari tubuh serta mencegah tumbuhnya tumor atau kanker.

8. Nanas

Buah dengan rasa manis asam ini selain mengandung air, juga memiliki kekuatan untuk mencegah peradangan. Buah ini cocok untuk menjaga tubuh tetap bugar dan menangkal penyakit di bulan ramadhan.

9. Mangga

Buah mangga selain memiliki kandungan air juga mengandung 135 kalori, serat, vitamin A, B6, dan vitamin C. Manfaat mangga selain memenuhi cairan tubuh, tentunya bisa juga membuat tubuh tetap bugar dengan vitamin yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa buah yang bisa membantu Anda memenuhi cairan tubuh dan mencegah dehidrasi selama bulan ramadhan. Anda bisa mengkonsumsi dua atau tiga buah saat sahur dan berbuka setiap hari untuk memenuhi nutrisi dan cairan tubuh. Nutrisi buah juga bisa Anda dapatkan dalam kemasan praktis seperti bio terra.

Sumber gambar : http://cintamakhlukvegan.files.wordpress.com/2010/11/buah-berry-organik.gif