Kesehatan

Buah Yang Bagus Dikonsumsi Saat Berpuasa

buah yang bagus dikonsumsi saat puasaSeperti yang kita ketahui bahwa vitamin, mineral, dan nutrisi memiliki banyak manfaat dan peran bagi kesehatan tubuh. Karenanya, kita harus memelihara nutrisi tersebut agar senantiasa tercukupi agar stamina tubuh tetap terjaga. Kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadari bahwa untuk sehat, bisa cukup dengan memilih nutrisi yang sehat dan komposisi tepat. Kebutuhan nutrisi tersebut salah satunya bisa kita peroleh dari buah-buahan.

Saat berpuasa dianjurkan banyak mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Buah-buahan mengandung serat dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh ketika menjalani ibadah puasa. Selama lebih dari 13 jam tidak mendapat asupan nutrisi, sedangkan tubuh tetap beraktivitas dengan beragam kegiatan. Jadi, Anda wajib menyertakan buah-buahan dalam daftar menu saat berbuka dan sahur. Buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa antara lain:

Semangka

Semangka merupakan buah berwarna merah yang kaya akan air, mengandung vitamin A dan vitamin C. Memakan semangka saat berbuka dapat mengatasi dahaga setelah seharian berpuasa. Buah merah ini juga dipercaya  dapat menyejukkan tubuh karena kaya akan likopen.

Pepaya

Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk proses pencernaan, pepaya sangat baik dikonsumsi saat berpuasa karena mengandung mineral yang cukup tinggi. Komposisi mineral yang terkandung dalam pepaya seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium sangat baik bagi tubuh. Selain itu pepaya kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh.

Pisang

Pisang merupakan salah satu yang bagus juga dikonsumsi saat berbuka puasa, karena pisang kaya akan karbohidrat yang tersusun dalam zat pati dan zat gula. Kedua zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk cepat menggantikan energi saat berbuka. Selain mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh, pisang juga mengandung kalium dan natrium, serta mineral yang baik untuk relaksasi otot.

Mangga

Mangga sangat bagus dikonsumsi saat berpuasa karena buah yang satu ini dapat menjadi sumber energi, serat dan vitamin. Karbohidrat yang terkandung di dalam buah ini menjadi penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh. Selain itu mangga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A,C dan B kompleks yang sangat baik untuk tubuh.

Kurma

Kurma mengandung nilai energi dalam kurma sangat tinggi, serta mengandung komponen gizi lain yang cukup baik. Kandungan gula kurma sebagian besar merupakan gula-gula monosakarida, sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Penyerapan gula kurma di dalam tubuh juga cukup cepat, sekitar 45-60 menit, bila dibandingkan daya absorbsi pati pada nasi yang memerlukan waktu berjam-jam. ltulah sebabnya kurma merupakan makanan yang sangat baik untuk berbuka puasa karena dapat menyuplai asupan energi secara cepat.

Jeruk

Dalam menjaga tubuh  agar tetap sehat, sebaiknya kita memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh setidaknya dengan dosis 75 miligram per hari. Untuk memenuhinya, mungkin Anda bisa mengkonsumsi jeruk dimana buah ini mengandung sekira 82,7 miligram. Karenanya, jangan lupakan buah berwarna oranye ini dalam asupan harian Anda.

Demikian beberapa buah yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menu berbuka puasa. Untuk mendapatkan manfaat dari semua buah tersebut, bisa Anda buat variasi seperti sup buah dengan ditambahkan madu. Selamat mencoba!

Sumber gambar :
1. http://www.sunpride.co.id/uploads/2012/09/Mix-Fruit.jpg
2. http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/buah-kurma-_110821221921-964.jpg