Ide Bisnis, Mompreneur

Bimbingan Belajar Menjadi Bisnis Sampingan Ibu Pintar

bisnis bimbingan belajarMembuka bimbingan belajar untuk anak dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis sampingan bagi Ibu pintar. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan karena tidak akan pernah ada matinya selama masih banyak anak Indonesia yang bersemangat untuk menuntut ilmu.

Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya tumbuh sebagai anak yang cerdas dan pandai. Pasti itu menjadi cita-cita hampir setiap orang tua, sehingga tidaklah mengherankan jika orang tua si anak tidak tanggung-tanggung untuk mengeluarkan biaya banyak hanya untuk mencarikan les tambahan sebagai bimbingan belajar bagi anaknya.

Kondisi inilah yang dapat Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk menciptakan peluang usaha yang menjanjikan. Meskipun Anda hanya mempunyai kemampuan dalam satu bidang ilmu pengetahuan tertentu, Anda dapat mencari pengajar dari berbagai sumber atau bekerja sama dengan rekan dekat yang bergelut di dunia pendidikan.

Bimbingan belajar biasanya diberikan pada jam luar sekolah atau sore hari. Sasaran pengguna jasa dari bisnis bimbingan belajar ini sangat beragam, mulai dari anak SD, SMP hingga SMA. Bimbingan belajar selain untuk mencerdaskan anak biasanya bertujuan untuk mempersiapkan diri anak menghadapi ujian kelulusan. Karenanya, bagi ibu rumah tangga yang sedang bingung mencari peluang bisnis sampingan. Tak ada salahnya bila mencoba merintis bisnis bimbingan belajar.

Tahapan Memulai Usaha Bimbingan Belajar

  1. Kemampuan Anda dalam memberikan bimbingan belajar terhadap anak-anak atau remaja.
  2. Mencari tenaga pengajar yang dapat menguasai materi-materi pelajaran di bidangnya terutama dalam bidang ilmu matematika, fisika dan kimia.
  3. Mengajarkan materi bimbingan belajar sesuai dengan yang diajarkan sekolah sehingga tidak jauh berbeda dengan materi yang akan diujikan.
  4. Mengatur waktu untuk bimbingan belajar dengan baik, baik untuk murid ataupun untuk tenaga pengajar sehingga sama-sama tidak mengganggu kegiatan yang lain.
  5. Memberikan modul pengajaran atau buku untuk setiap paket bimbingan belajar.
  6. Mempunyai bangunan untuk ruangan kelas sebagai tempat proses mengajar disertai dengan inventaris kelengkapan belajar.
  7. Modal untuk kegiatan operasional.

Hambatan Merintis Bisnis Bimbingan Belajar

  1. Sudah banyaknya pesaing yang menjalankan bisnis sampingan ini
  2. Sebagian siswa mengeluh karena materi pelajarannya tidak sama dengan di sekolah sehingga susah untuk dimengerti.

Strategi Bisnis Bimbingan Belajar

  1. Mencari pengajar dari berbagai sumber dengan menempelkan brosur ke kampus-kampus atau membuat iklan di surat kabar dengan mengajak mahasiswa untuk bergabung sebagai pengajar tambahan di bisnis bimbingan belajar Anda.
  2. Memilih tempat yang strategis sehingga mudah untuk dijangkau, dan jangan lupa mengurus izin usaha.
  3. Mempersiapkan perlengkapan administrasi.
  4. Berkoordinasi dan mengakomodasi dengan tenaga pengajar agar bimbingan belajar berjalan sesuai dengan modul dan standar pengajaran yang telah ditetapkan.
  5. Monitor terus perkembangan bisnis Anda sehingga stiap ada masalah yang muncul dapat segera diatasi dan diselesaikan.

Bimbingan belajar menjadi bisnis sampingan ibu pintar karena selain untuk mendapatkan keuntungan, ternyata manfaat yang didapatkan dari bisnis ini cukup bagus yaitu mencerdaskan Anak Bangsa. Dimana anak-anak adalah generasi penerus Bangsa di masa-masa yang akan datang.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://media.viva.co.id/thumbs2/2012/08/10/167110_anak-anak_663_382.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Mainan Anak Puzzle Huruf, Untuk Memperkenalkan Huruf Pada Anak-anak

Puzzle huruf merupakan Mainan Edukatif anak yang berguna untuk memperkenalkan kepada anak tetang abjad. Bermain ....
Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa Miring, Mainan Anak Edukatif

Sempoa miring adalah mainan edukatif anak yang bermanfaat sebagai alat bantu menghitung untuk anak. Sempoa ....