Ide Bisnis, Mompreneur

Peluang Usaha Rumahan Dengan Membuka Jasa Penitipan Anak

peluang usaha rumahan jasa penitipan anakJasa penitipan anak merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang cukup potensial bila dijalankan di era modern seperti sekarang ini. Apalagi di daerah perkotaan, dimana sebagian besar orang tua harus meninggalkan putra-putri tercintanya untuk menjalankan rutinitas pekerjaan mereka setiap harinya. Sudah sewajarnya bila kondisi ini menjadikan jasa penitipan anak sebagai alternatif tepat untuk menunjang tumbuh kembang buah hatinya selama ditinggal kedua orang tuanya bekerja.

Mengapa demikian? Sebab, setiap orang tua menginginkan pengasuh anaknya benar-benar orang yang berpengalaman sehingga berdampak positif bagi tumbuh kembang anaknya. Dengan begitu, peluang usaha rumahan dengan membuka jasa penitipan anak dapat dijadikan ide bisnis yang cukup menjanjikan bila dikelola dengan baik.

Jasa penitipan anak yang dimaksud disini adalah tempat untuk menitipkan anak dimana anak tidak hanya diajak bermain tetapi juga diajak belajar seperti halnya sekolah tahap awal. Jasa penitipan anak ini juga sering disebut sebagai sekolah untuk usia dini.

Persiapan Bisnis Jasa Penitipan Anak

Untuk memenuhi kebutuhan yang mendukung pertumbuhan anak, jasa penitipan anak harus menyiapkan beberapa persiapan sebelum dirintis, yaitu :

  • Tempat usaha. Ubah beberapa bagian dari rumah Anda sebagai sarana untuk bermain anak. Menggunakan rumah Anda sendiri tujuannya untuk mengambil pelanggan dari orang di sekitar lingkungan rumah Anda.
  • Pengetahuan tentang cara mengasuh anak yang benar, karena itu hal yang terpenting yang dibutuhkan dalam hal ini. Anda dapat mempekerjakan seseorang yang khusus sebagai pengasuh dan harus ada juga yang memberikan pendidikan seperti guru TK. Tenaga ahli dapat bertambah seiring dengan perkembangan usaha, dimana pelanggan semakin banyak.
  • Sarana operasional yang memadai. Dimana dibutuhkan beberapa alat untuk mendukung usaha penitipan anak seperti halnya, mainan edukasi untuk bermain anak yang disesuaikan dengan usia, makanan sehat untuk anak  termasuk juga susu, perlengkapan bayi dan balita serta perlengkapan administrasi.
  • Persiapan keuangan. Modal awal dan biaya operasional untuk membeli perlengkapan serta permainan. Untuk tempat, karena sudah menggunakan rumah Anda sendiri maka tidak perlu menyewa rumah, Anda tinggal merenovasi dan mendekornya ulang.

Untuk tarif jasa penitipan anak disarankan menjadi beberapa paket, yaitu : harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan atau bahkan paket tahunan. Jika fasilitas pelayanan dan perlengkapan yang Anda sediakan dalam usaha ini cukup lengkap, maka Anda dapat menetapkan tarif yang lebih mahal. Semua itu harus disesuaikan dengan target pasar yang Anda bidik.

Strategi Promosi Jasa Penitipan Anak

Tahap awal dapat dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut, sebab jasa penitipan anak tingkat keberhasilannya tergantung pada rasa kepercayaan. Mulailah dari anak-anak yang ada di sekitar rumah Anda. Selanjutnya Anda bisa mulai mencoba untuk menawarkan kepada relasi Anda.

Hambatan Usaha Jasa Penitipan Anak

Modal yang relatif besar biasanya menjadi salah satu hambatan dalam usaha ini, sehingga dibutuhkan analisis yang cermat. Selain itu juga sulitnya mencari tenaga ahli yang profesional untuk mengasuh anak.

Demikian informasi peluang usaha rumahan yang dapat dijadikan sebagai salah satu ide bisnis untuk Anda ibu rumah tangga yang tertarik untuk terjun di dunia usaha. Salam sukses untuk seluruh mompreneur di Indonesia!

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://ferdinanddaniel.files.wordpress.com/2012/01/daycare.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah, Permainan Puzzle untuk Anak

Puzzle Huruf Hijaiyah merupakan mainan edukatif menyusun huruf-huruf hijaiyah yang bermanfaat untuk pembelajaran Al Qur’an ....