Mompreneur, Tips & Trik Bisnis

Keuntungan Menjadi Seorang Mompreneur

keuntungan mompreneurKeputusan menjadi seorang mompreneur memang membutuhkan lebih banyak pertimbangan. Dibutuhkan mental dan komitmen yang kuat untuk menjalani profesi baru tersebut. Tidak semua ibu rumah tangga bisa menjalani profesi tersebut dengan lancar. Terbukti, banyak ibu rumah tangga yang jatuh bangun membangun usahanya, bahkan tidak jarang juga sebagian dari mereka yang berhenti di tengah jalan. Kekuatan yang besar memang dibutuhkan untuk menjadi seorang ibu rumah tangga yang  juga sukses menjadi seorang pengusaha.

Disamping kesibukannya sebagai seorang ibu rumah tangga yang berperan sebagai seorang istri, ibu, dan mengurus segala urusan rumah tangga seperti merawat rumah, memasak, dan menyiapkan kebutuhan semua anggota keluarga, ibu rumah tangga juga harus bisa meluangkan waktunya untuk usaha sampingan yang dirintisnya. Semua tugas yang dimilikinya harus bisa berjalan dengan beriringan.

Keputusan untuk menjadi seorang mompreneur memang sudah tepat. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi seorang mompreneur. Apa saja keuntungan menjadi seorang mompreneur?

Berikut kami informasikan keuntungan menjadi seorang mompreneur antara lain:

  1. Bisa mempunyai waktu yang lebih fleksibel, sehingga waktu yang dialokasikan untuk keluarga bisa lebih banyak dan selalu ada waktu untuk anak
  2. Mempunyai penghasilan sendiri sehingga tidak terlalu tergantung pada penghasilan suami dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik kebutuhan primer, sekunder, atau tertier
  3. Memperbaiki kondisi ekonomi keluarga
  4. Menutupi kekurangan perekonomian keluarga
  5. Menambah pemasukan dan tabungan untuk keluarga
  6. Menyalurkan kreativitas dan hobi yang dimiliki
  7. Membantu orang lain dengan memberikan lapangan usaha yang baru
  8. Menambah pengalaman dan pengetahuan yang sebelumnya belum pernah diketahuinya
  9. Mengembangkan potensi yang dimilikinya
  10. Mempunyai dan mengembangkan relasi yang lebih banyak dan luas
  11. Bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik sekaligus sebagai pengusaha yang sukses
  12. Mempunyai waktu yang sebebas-bebasnya dan sebanyak-banyaknya, sehingga jika ada sesuatu yang penting tidak perlu izin pada atasan dan bisa maksimal dalam melakukan kegiatan sebagai ibu rumah tangga seperti memasak, membersihkan rumah, menjemput anak sekolah, dan masih banyak lagi.
  13. Kesehatan jasmani dan rohani lebih terjaga karena tubuh tidak harus terlalu memaksa, jika memang kondisi tubuh lelah bisa istirahat sejenak. Psikis juga bisa menjadi lebih nyaman, karena tidak terbebani dengan pekerjaan yang ada yang mungkin terkadang tidak disukai.

Selain banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi mompreneur, ada beberapa tantangan yang bakal Anda hadari ketika menjadi seorang mompreneur.

Tantangan Menjadi Mompreneur

  • tantangan mompreneurMenambah kesibukan ibu karena waktunya harus terbagi antara mengurus keluarga, mengurus anak, dan mengurus bisnisnya. Yang menjadi kemungkinan terburuk jika ibu tidak bisa membagi waktu dan menimbulkan benturan antara waktu keluarga dan bisnis
  • Menimbulkan perbedaan pendapat dengan suami atau dengan anak-anak
  • Membutuhkan lebih banyak pengorbanan seperti banyak mengeluarkan pikiran, energi dan yang paling penting yaitu pengorbanan waktu

Keuntungan dan kerugian tersebut bisa menjadi wacana bagi Anda yang sudah lama memiliki keinginan dan memiliki keinginan setelah mengetahui keuntungannya. Yakinlah dengan niat yang kuat dibarengi dengan usaha yang maksimal akan membuahkan hasil yang diimpikan. Selamat menjadi mompreneur!

Sumber gambar :
1. http://ronmoore.org/uploads/2013/01/1133299_89760608-1024x716.jpg
2. http://www.coolartvinyl.com.au/images/mother2.jpg