Ide Bisnis, Mompreneur

Bisnis Laundry Untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis laundryBelakangan ini bisnis laundry sangat ramai diperbincangkan karena bisnis rumahan yang satu ini cukup menjanjikan. Tidak sedikit orang yang mempunyai alasan sibuk bekerja dan tidak ada waktu mencuci, kemudian mencari tempat-tempat khusus untuk mencuci atau yang sering disebut dengan istilah laundry.

Banyak masyarakat yang akhirnya memilih menggunakan jasa laundry meskipun harus rela mengeluarkan uang lebih untuk pekerjaan mencuci dan menyetrika. Melihat permintaan pasarnya yang kian ramai, tak ada salahnya bila Anda merintis bisnis laundry rumahan di sela-sela kesibukan Anda menjadi ibu rumah tangga.

Bisnis laundry akan lebih cepat berkembang apabila pemilihan tempat atau lokasinya tidak jauh dari perumahan penduduk, kontrakan dan kos-kosan. Saat ini sudah banyak orang sukses dengan menekuni bisnis laundry, sehingga tidak heran bila semakin hari kian banyak orang yang tertarik untuk menekuni peluang bisnis tersebut.

Jika Anda tertarik menjadi mompreneur, berikut kami informasikan beberapa persiapan yang perlu dijalankan ketika merintis bisnis laundry untuk ibu rumah tangga.

Persiapan Memulai Bisnis Laundry

Pertama, anda harus mengetahui jenis kain serta tau bagaimana cara mencuci dan mengeringkan jenis kain tersebut dengan benar agar hasilnya bersih dan baik.

Kedua, anda harus mengetahui formula khusus apa yang bermanfaat untuk membersihkan noda atau kotoran pada pakaian.

Ketiga, anda harus tau dengan benar cara menyetrika pakaian yang benar agar kain tidak rusak saat disetrika.

Pelaksanaan Bisnis Laundry

Untuk berbisnis laundry, langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut ini.

  • Melihat dan mengamati apakah masyarakat dikawasan tersebut memang banyak yang membutuhkan laundry.
  • Cara pemasaran bisnis laundry anda ke masyarakat sekitar.

Promosi dan Pemasaran Bisnis Laundry

Memasarkan bisnis laundry dapat dilakukan dengan berbagai macam cara sebagai berikut ini.

  • bisnis laundry rumahanMenggunakan cara dari mulut ke mulut, cara itu cukup bagus apabila anda mempunyai interaksi sosial yang sangat baik dengan masyarakat dilingkungan sekitar lokasi laundry.
  • Memasang papan nama adalah salah satu cara agar orang-orang bisa mengenal bisnis yang anda jalankan.
  • Memberikan penawaran promo atau diskon ketika awal mendirikan bisnis laundry. Dengan promo yang berupa potongan harga, diharapkan orang akan lebih tertarik untuk mencobanya.
  • Membuat leaflet dan pamflet kemudian menyebarkannya ke tempat-tempat yang padat penduduk, ke kontrakan dan ke kos-kosan.

Hambatan Bisnis Laundry

Hambatan yang sering ditemukan dalam bisnis laundry ini yaitu banyaknya persaingan dalam bisnis laundry dan konsumen menuntut untuk pakaiannya dikerjakan dengan lebih cepat dan baik.

Apakah anda ingin menambah deretan orang yang sukses dengan bisnis laundry? Ayo, mulai pikirkan ide bisnis ini dari sekarang!

Sumber gambar :
1. http://mydecorative.com/uploads/2013/07/Laundry-Room.jpg
2. http://tgifberkeley.com/blog/uploads/2012/03/Dec-2011-Laundry-Poster.jpg