Kesehatan Wanita

7 Faktor Penyebab Masalah Kesuburan Wanita

Share Yuk!

Masalah kesuburan wanita bisa menjadi salah satu masalah yang mengkhawatirkan karena hal ini dapat mempengaruhi kesempatan Anda untuk mempunyai keturunan. Tidak sedikit dari  masyarakat yang melakukan konsultasi ke dokter spesialis karena adanya kekhawatiran masalah kesuburan tersebut.

Penyebab Masalah Kesuburan Wanita

Ada banyak faktor yang mempengaruhi masalah kesuburan wanita, salah satunya adalah faktor usia, karena jumlah serta kualitas telur pada kaum wanita akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia terutama saat usia wanita sudah melewati angka 40 tahun. Selain faktor usia, ada juga beberapa faktor yang bisa mempengaruhi masalah kesuburan wanita. Berikut ini adalah faktor penyebab masalah kesuburan wanita yang penting untuk Anda ketahui.

1. Sumbatan pada saluran telur

Terjadinya sumbatan pada saluran telur disebabkan karena adanya perlengketan di sekitar saluran telur, hal ini akibat pernah terkena radang panggul sehingga dapat menghambat pertemuan antara sel telur dengan sperma.

2. Endometriosis

Endometriosis adalah tumbuhnya sel selaput lendir rahim pada tempat yang tidak semestinya, yaitu pada indung telur. Hal ini bisa menimbulkan perlengketan pada sekitar saluran telur maupun pada oragan reproduksi yang lainnya.

3. Kelainan lendir leher rahim

Adanya kelainan pada lendir leher rahim misalnya adalah lendir terlalu pekat sehingga bisa menghambat laju gerakan sperma. Lendir yang terlalu asam sehingga bisa mematikan sperma.

4. Berat badan yang tidak seimbang

Berat badan yang tidak seimbang bisa mengganggu kesuburan wanita, karena tubuh seseorang membutuhkan 17% dari lemak tubuh pada awal masa siklus haid serta 22% sepanjang siklus haid. Lemak dalam tubuh mengandung enzim aromatase yng dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormone estrogen. Jadi, jika persediaan lemak di dalam tubuh tidak memadai, maka akan mempengaruhi kesuburan wanita.

BACA JUGA:  Cuka Apel Solusi Untuk Mengatasi Keputihan

5. Gaya hidup yang terlalu stress

Gaya hidup ternyata mempunyai peran yang sangat besar dalam menyumbang angka kejadian infertilitas atau kemandulan yaitu sbesar 15-20%. Gaya hidup seseorang yang serba cepat dan kompetitif seperti sekarang ini sangat rentan membuat seseorang mudah terkena stress. Padahal kondisi jiwa seseorang yang penuh dengan gejolak bisa menyebabkan gangguan ovulasi, spasme tuba fallopi, spermatogenesis dan juga menurunnya hubungan suami istri.

6. Kelainan pada mulut rahim

Pada keadaan normal, mulut rahim mengarah ke depan sehingga berhadapan langsung dengan dinding belakang organ intim wanita. Kondisi seperti inilah yang memungkinkan spermatozoa sampai pada saluran mulut rahim yang menghubungkan organ intim wanita dan rongga rahim. Jika posisi mulut rahim menyimpang dari keadaan normalnya seperti posisi rahim menghadap ke belakang maka bisa menghambat terjadinya kehamilan.

7. Kelainan rahim

Terjadinya kelainan pada rahim karena perlengketan, peradangan endometrium, mioma dan gangguan kontraksi rahim bisa mengganggu transportasi spermatozoa. Meskipun bisa terjadi kehamilan, namun kehamilan tersebut biasanya akan berakhir sebelum waktunya atau bayi lahir prematur.

Ada beberapa kasus yang menyebabkan kemandulan tidak bisa diidentifikasi. Namun, untuk masalah kesuburan pada wanita pasti bisa diperbaiki. Sehingga alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa faktor penyebab masalah kesuburan wanita sejak dini.

sumber gambar : http://confirmado.com.ve/conf/conf-upload/uploads/2013/07/stress-630x378.jpg
Share Yuk!

Produk Menarik untuk Anda:

Paket Madu Penyubur Kandungan

Paket Madu Penyubur Kandungan

Memiliki momongan dalam sebuah rumah tangga adalah sebuah kebahagiaan bagi setiap pasangan. Namun terkadang hal ....
Eury-X Madu Kesuburan Pria

Eury-X Madu Kesuburan Pria

Eury-X adalah minuman kesehatan khusus untuk pria dewasa dengan bahan dasar madu hutan yang diramu ....
Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen, Serbuk Kurma untuk Kesuburan

Powder Datse Lollen  adalah herbal tradisional yang berupa serbuk kurma, yang sudah terbukti bermanfaat untuk membantu kesuburan pasangan ....