Keputihan, Kesehatan Wanita

Penyebab Keputihan dan Cata Mengatasinya

Penyebab Keputihan dan Cata MengatasinyaSi putih yang satu ini selalu menjadi biang ributnya para wanita. Siapa dia? Para wanita tentu tahu, bahkan hampir semua wanita pernah merasakannya. Ya, keputihan namanya. Atau dalam bahasa Cina-nya disebut pek tay.

Keputihan adalah keluarnya cairan putih dari liang Miss V baik itu bercampur warna kekuningan atau agak kelabu, encer maupun kental, kerap berbau tidak sedap (ada juga yang tidak berbau, tapi ada juga yang berbau anyir), dan sering kali menimbulkan rasa gatal pada bibir Miss V

Apa penyebabnya?

Jamur

Biasanya, warna keputihannya putih kekuningan dan berbau khas. Jamur ini muncul karena penyakit diabetes, penggunaan pil KB, daya tahan tubuh yang rendah, atau bisa juga karena antibiotic.   Keputihan jamur ini juga sering kali mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa pada bibir Miss V.

Bakteri pathogen

Warna keputihannya agak kelabu. Bentuknya pun lebih encer dan cenderung amis. Biasanya keputihan jenis ini adalah akibat dari penggunaan KB spiral, atau bergonta-ganti pasangan seks.

Parasit

Warna keputihannya kuning bercampur kehijauan, baunya sangat tidak enak, dan gatal. Penggunaan alat mandi atau sering bergonta-ganti pakaian dalam bisa menjadi pemicu keputihan jenis ini. Hati-hati juga penggunaan kloset di toilet umum.

Penyebab lain: virus HIV/AIDS, pengaruh hormonal, benda asing di luar Miss V, atau adanya gangguan ganas pada leher rahim.

Bagaimana mengatasinya?

Tidak semua perempuan peduli pada kebersihan organ intimnya. Inilah yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya keputihan. Padahal, Miss V adalah bagian yang sangat sensitif dan rentan terjangkit penyakit.

Gunakan pembersih yang sesuai dengan pH (derajat keasaman) Miss V. Pilihlah sabun pembersih dengan bahan susu, karena pH lebih cenderung stabil.

BACA JUGA:  Kenali Bahaya Keputihan Pada Wanita Hamil

Keringkan Miss V setelah dibasuh. Kebanyakan dari wanita segera memakai celana dalamnya setelah membasuh Miss V-nya. Padahal, jika tidak dikeringkan terlebih dahulu, Miss V akan terjebak pada kondisi yang lembab. Dan itu sangat mendukung pertumbuhan jamur dan bakteri jahat.

Gunakan celana dalam berbahan katun, yang menyerap keringat. Bahan sintetik seperti satin hanya akan membuat bagian Miss V menjadi panas dan lembab.

Hindari penggunaan celana yang ketat setiap saat. Miss V juga butuh udara. Jika menggunakan celana ketat seanjang hati, maka sirkulasi udaranya menjadi tidak leluasa bergerak.

Gunakan pantiliner seperlunya.

Sumber Gambar : http://www.pd4pic.com/images800_/rosa-rossa-flower-plant-drops-wet-water.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, Obat Keputihan yang Aman dan Alami

LadyFem, di racik dari perpaduan bahan-bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Suplemen wanita dewasa ini ....
Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal-X Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan

Natural Crystal–X adalah solusi cerdas untuk mencegah dan mengobati masalah organ kewanitaan. Seperti mengaktifkan dan melenturkan kembali ....
Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

Sekar Malam-Ramuan Jamu Manjakani Untuk Kebahagiaan Suami Istri

SEKAR MALAM adalah ramuan jamu manjakani yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kewanitaan sehingga dapat menciptakan ....